Penajam (ANTARA Kaltim) - Atlet Kabupaten Penajam Paser Utara, berhasil meraih lima medali emas pada Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Tarung Derajat Kaltim 2015 yang menghantarkan daerah itu menjadi juara umum untuk yang kedua kalinya.

"Kami berhasil meraih juara umum pada Kejurprov Tarung Derajat Kaltim 2015 dengan meraih lima emas. Pada Kejurprov lalu (2014) kami juga berhasil keluar sebagai juara umum," ungkap Ketua Pengcab Keluarga Tarung Derajat (Kodrat) Kabupaten Penajam Paser Utara, Abdul Rauf, saat dihubungi di Penajam, Senin.

Sebagai tuan rumah Kejurprov Kaltim 2015 kata Abdul Rauf, atlet tarung derajat Kabupaten Penajam Paser Utara, mampu menunjukkan prestasi yang membanggakan, dimana atlet senior berhasil meraih empat emas dan atlet junior menyumbangkan satu emas.

"Dengan keberhasilan itu, empat atlet senior tarung derajat Kabupaten Penajam Paser Utara dipastikan masuk dalam seleksi kualifikasi atlet pra-PON 2015," katanya.

"Prestasi yang diraih itu menunjukkan Penajam Paser Utara merupakan daerah yang diperhitungkan di Kaltim dalam olahraga tarung derajat," ungkap Abdul Rauf.

Selain meraih emas dari 17 nomor yang dipertandingkan di Kejurprov Tarung Derajat Kaltim yang digelar mulai 7 hingga 9 Agustus 2015 tersebut, petarung dari Kabupeten Penajam Paser Utara lanjut Abdul Rauf, juga berhasil menyabet lima medali perunggu.

Sementara, salah seorang atlet tarung derajat Kabupaten Penajam Paser Utara, Adrian Philip mengaku bangga karena berhasil menyumbang satu emas, dan meminta dukungan masyarakat agar bisa lolos pada ajang seleksi pra-PON akan akan dilaksanakan pada September 2015.

Dengan sederet prestasi yang telah diraih lanjutnya, para atlet tarung derajat Kabupaten Penajam Paser Utara, berharap pemerintah daerahdapat lebih meneingkatkan perhatian pada olahraga tersebut karena selama ini, pencairan bonus atlet berprestasi dan suplemen bagi para atlet sering terlambat.

Ketua Harian Pengprov Tarung Derajat Kaltim Charles mengatakan, Kejurprov tersebut merupakan ajang seleksi awal untuk menentukan altet-atlet tarung derajat yang akan mewakili Kaltim pada ajang pra PON 2015.

"Seluruh pemenang dalam Kejurprov Tarung Deraajat Kaltim 2015 tersebut akan diseleksi ulang bersama atlet tarung derajat unggulan lainnya," kata Charles.

Pengurus Tarung Derajat Provinsi Kaltim tambah Charles akan memilih 25 atlet tarung derajat terbaik untuk dikirim ke ajang pra-PON yang akan digelar Oktober 2015 di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Oktober 2015.

"Pada ajang pra-PON 2015, kami bisa mempertahankan tradisi emas dan ditargetkan tarung derajat minimal bisa menyumbangkan empat emas," ungkap Charles.    (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015