Bontang (ANTARA KAltim) - Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bontang, Kalimantan Timur, mencatat volume sampah di daerah setempat hingga sepekan setelah lebaran terus melonjak hingga mencapai 130 ton perharinya.

Kepala DKP Kota Bontang Sofiansyah saat dihubungi di Bontang, Jumat, mengemukakan peningkatan volume sampah hampir mencapai 100 persen dibanding hari-hari biasa sebelum Ramadhan dan lebaran.

"Pasca-lebaran volume sampah meningkat drastis. Ini memang berbeda dengan hari-hari biasanya, karena selama bulan Ramadhan hingga setelah lebaran, sampah ada dimana-mana," kata Sofiansyah.

DKP Bontang telah mengantisipasi terjadinya lonjakan volume sampah tersebut, termasuk menurunkan petugas di luar jadwal kerja untuk melakukan pengangkutan.

"Terpaksa kita turunkan petugas kebersihan di luar jadwal dan langsung saya instruksikan membuangnya ke tempat pembuangan akhir dengan jadwal empat kali sehari," tambahnya.

Sofiansyah mengatakan petugas tetap bekerja sesuai tupoksinya untuk menjaga kebersihan Kota Bontang.

"Memang itu tanggung jawab kami melayani masyarakat. Apalagi Kota Bontang telah beberapa kali menyabet Piala Adipura sebagai kota terbersih," ujarnya. (Adv/*)

Pewarta: Irwan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015