Balikpapan (ANTARA Kaltim) - Pasangan Rizal Effendi-Rahmad Masud dijadwalkan menggelar deklarasi pencalonannya sebagai bakal calon wali kota dan calon wakil wali kota Balikpapan periode 2015-2020 pada Sabtu (25/7), untuk menuju pemilihan kepala daerah serentak 9 Desember mendatang.

"Acara deklarasi akan kami gelar di Hotel Benakutai," kata Rizal Effendi yang saat ini masih menjabat Wali Kota Balikpapan, kepada wartawan di Balikpapan, Jumat.

Hotel Benakutai adalah salah satu bangunan bersejarah dan hotel berbintang pertama serta tertua di Kota Balikpapan.

Rizal mengungkapkan dirinya dan Rahmad Masud (pengusaha muda Balikpapan) sudah mendapat dukungan dari empat partai politik, yaitu Partai Golkar, Demokrat, PDI Perjuangan, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Dari Partai Golkar, kedua kubu yang belum akur sepenuhnya yaitu kubu Aburizal Bakrie dan Agung Laksono bahkan sepakat mendukung Rizal-Rahmad.

"Untuk dukungan Partai Golkar dan Demokrat, SK-nya (surat keputusan) dipegang Pak Rahmad," jelas Rizal.

Dalam SK DPP Partai Demokrat yang keluar pada 22 Juli 2015, dukungan untuk Rizal-Rahmad ditandatangani langsung Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono dan Sekjen Hinca Panjaitan.

SK dukungan dari DPP Partai Golkar pun langsung ditandatangani Aburizal Bakrie-Idrus Marham dan Agung Laksono-Zainuddin Amali pada 21 Juli 2015. Foto dari kedua SK itu beredar di kalangan tertentu dan juga di media sosial "facebook" pendukung Rahmad Masud.

Dengan popularitas Rizal Effendi sebagai petahana (incumbent), ditambah citra positif Rahmat Masud, kesolidan massa pendukung, dan dukungan dana yang besar, sejumlah kalangan menilai pasangan ini adalah calon terkuat yang ada dari seluruh pasangan cawali-cawawali pada Pilkada Balikpapan.

"Calon-calon lain harus bekerja ekstra keras untuk bisa menyaingi mereka," kata Teddy Rumengan, seorang jurnalis senior di Balikpapan.

Sampai saat ini, calon lain peserta Pilkada Balikpapan adalah pasangan Achdian Noor-Abriantinus dan dr Hakim-Wahidah yang keduanya maju melalui jalur perseorangan atau independen.

Selain itu, mereka yang maju melalui partai politik, kecuali Rizal-Rahmad, hingga kini belum mendapatkan dukungan yang diperlukan secara pasti.

Salah satunya Ketua Partai Demokrat Balikpapan Heru Bambang, yang juga Wakil Wali Kota Balikpapan saat ini, masih harus mencari partai politik lain untuk mendukung dirinya maju pilkada. ***2***

(T.KR-NVA/B/D010/D010) 24-07-2015 09:14:51

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015