Penajam (ANTARA Kaltim) - Anggaran perbaikan jalan negara yang melintasi Kabupaten Penajam Paser Utara, kata Kepala Seksi Urusan Jalan dan Jembatan Unit Pelaksana Teknis Daerah Pekerjaan Umum (UPTD DPU) Kalimantan Timur Joniansyah, mencapai Rp60 miliar atau naik 100 persen dari tahun sebelumnya yang hanya Rp30 miliar.

"Tahun sebelumnya, anggaran untuk perbaikan jalan negara di Penajam Paser Utara yang bersumber dari APBN hanya Rp30 miliar, tapi tahun ini (2015) naik dua kali lipat menjadi Rp60 miliar. Saat ini, masih ada sekitar 60 kilometer jalan negara mengalami kerusakan," ungkap Joniansyah di Penajam, Selasa.

Anggaran Rp60 miliar tersebut lanjut Joniansyah, untuk melakukan kegiatan pemeiliharaan perbaikan jalan dengan rincian, Rp30 miliar dianggarkan melalui APBN murni, sisanya melalui APBN Perubahan.

Perbaikan jalan negara di wilayah Penajam Paser Utara tahun ini (2015) kata dia, ditargetkan mencapai 11,06 kilometer, mulai dari kilometer 10 di wilayah Kecamatan Penajam sampai di Kecamatan Babulu.

"Kegiatan berupa perbaikan spot-spot jalan dari Kecamatan Penajam sampai Kecamatan Babulu. Kami targetkan, perbaikan sampai sepanjang 11,06 kilometer," kata Joniansyah.

Sementara, Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Mustaqim MZ mengharapkan, perbaikan jalan negara yang melintas di daerah itu, dapat selesai pada 2016.

"Khususnya di daerah Kecamatan Waru dan Babulu yang merupakan jalur lintas antarprovinsi di Kaltim," ujar Mustaqim.

Ia berharap, pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi juga memperhatikan kondisi jalan kilometer 38 Sepaku sampai simpang Silkar Petung yang saat ini masih mengalami banyak kerusakan parah.     (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015