Jakarta (ANTARA Kaltim) - CEO PT Liga Indonesia Joko Driyono menyatakan kompetisi Indonesia Super League (ISL) mulai digelar kembali pada September 2015 hingga Mei 2016.

   "Dari analisis teknis, mempertimbangkan banyak hal. RUPS (rapat umum pemegang saham PT LI) menyetujui program kompetisi tahun 2015-1016, diajukan ke PSSI untuk mendapatkan persetujuan, yaitu periodenya bulan September 2015 hingga Mei 2016," kata Joko seusai menyelenggarakan RUPS dengan seluruh perwakilan klub ISL di salah satu hotel di Jakarta, Rabu.

   Joko mengatakan, periode kompetisi sejak September 2015 hingga Mei 2016 tersebut juga berlaku untuk kompetisi lainnya yang ditangani oleh PT Liga Indonesia selaku operator.

   "Sehingga kompetisi-kompetisi lain yang dikelola oleh PT Liga Indonesia, seperti ISL, Divisi Utama, dan U21 mengikuti periode September, Oktober, November dan seterusnya," kata Joko.

   Penentuan tanggal penyelenggaraan kompetisi ISL tersebut diputuskan dalam RUPS PT Liga Indonesia karena direncanakan seusai penyelenggaraan turnamen pramusim yang juga diikuti oleh 18 klub peserta ISL.

   Turnamen pramusim sendiri akan dilaksanakan selama empat bulan mulai Mei hingga Agustus 2015 untuk mengisi kekosongan kompetisi saat PSSI memutuskan untuk menghentikan kompetisi ISL.

   "Paling tidak dua minggu dari sekarang turnamen pramusim sudah harus berjalan," kata Joko.

   Dalam RUPS PT Liga Indonesia dengan seluruh klub ISL tersebut juga dihasilkan gagasan-gagasan demi keberlangsungan kompetisi ISL 2015-2016.

   "Upaya PT Liga dan klub untuk melakukan rasionalisasi pembiayaan klub. Terobosan yang diambil adalah mengimplementasikan 'financial fair play' dengan cara pragmatis melalui terobosan 'player performance index'," kata dia.

   Selain itu dalam rapat RUPS PT Liga Indonesia bersama seluruh perwakilan klub serta PSSI yang digelar hari ini juga menghasilkan keputusan untuk menyelenggarakan turnamen pramusim yang akan diselenggarakan mulai Mei hingga Agustus 2015.

   Penyelenggaraan turnamen pramusim tersebut dilakukan untuk mengisi kekosongan kompetisi saat PSSI memutuskan untuk menghentikan kompetisi ISL 2015 pada 2 Mei lalu.

   Sebanyak 18 klub peserta ISL akan bermain di turnamen pramusim yang belum memiliki nama resmi ini dengan sistem pembagian menjadi tiga grup dan berlanjut ke babak sistem gugur di 16 besar hingga partai final. (*)

Pewarta: Aditya Ramadhan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015