Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Kalimantan Timur pada Sabtu, 7 Maret 2015 akan menggelar Olimpiade Sain Nasional (OSN) jenjang SMP, hasil isiannya kemudian dikirim ke Dinas Pendidikan Kaltim untuk dinilai.

"Bagi yang berhasil mendapat nilai terbaik dari masing-masing 11 kabupaten dan kota di Kaltim, akan mengikuti OSN Tingkat Provinsi Kaltim pada pertengahan April 2015," ujar Kepala Bidang Pembinaan SMP dan SMA Dinas Pendidikan Kaltim Deslan Nispayani di Samarinda, Kamis.

Mata pelajaran yang diujikan dalam OSN jenjang SMP terdapat tiga, yakni Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan mata pelajaran Matematika.

Pada lomba OSN di tingkat Kaltim, para juara pertama di masing-masing mata pelajaran berhak mengikuti OSN tingkat nasional. Rencananya OSN tingkat nasional akan digelar di Bandung sekitar pertengahan bulan Mei 2015.

Sedangkan untuk OSN jenjang SMA, lanjut Deslan, untuk tingkat kabupaten dan kota telah digelar pada 11 Februari lalu, sedangkan tingkat Kaltim akan digelar pada 19-20 Maret 2015 di Samarinda, kemudian tingkat nasional akan digelar di Yogyakarta pada kisaran Mei mendatang.

Mata pelajaran yang diujikan dalam OSN jenjang SMA terdapat sembilan sain, yakni Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Komputer, Astronomi, Geografi, Kebumian, dan Ekonomi.

Tujuan digelaranya seleksi OSN antara lain untuk mencari juara pertama guna mengikuti OSN tingkat selanjutnya, kemudian untuk membangkitkan minat peserta didik dalam mencintai dan memupuk kegemaran terhadap mata pelajaran yang disukai.

Tujuan lainnya adalah untuk menggali kemampuan pengetahuan siswa, yakni dalam memahami mata pelajaran yang diterima di masing-masing sekolah selama ini baik matematika, IPS, kebumian, astronomi, dan mata pelajaran lain.

Melalui olimpiade diharapkan siswa mampu menanamkan sifat kompetitif yang sehat, kesadaran dan keberanian mencoba, sekaligus meraih berprestasi secara optimal sesui dengan keterampilan yang dimiliki masing-masing siswa.

Dia juga berharap agar melalui ajang semacam lomba tersebut, dapat meningkatkan minat seluruh pelajar SMA di Kaltim sehingga kemampuannya akan terus berkembang dan dapat dimanfaatkan ketika mereka masuk perguruan tinggi, hingga sampai mereka lulus dan bekerja. (*)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015