Balikpapan (ANTARA Kaltim) -  Dewan Kesenian Balikpapan (DKB) mengelar acara seni dan budaya yang bertajuk "Kampoeng Seni 2015" bertempat di Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) Balikpapan, Minggu.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan menampilkan beragam acara diantaranya pagelaran tarian suku Dayak berupa hudoq, barongsai, kuda lumping dan reog.

Acara juga dirangkai dengan festival band se-Kalimantan Timur, lomba melukis, mewarna, peragaan busana dan lomba dilaksanakan dari tingkat PAUD sampai SMA.

Ketua DKB, Darwis M.Noor mengatakan pagelaran "Kampoeng Seni 2015" tersebut untuk memperkenalkan dan mempromosikan kepada masyarakat luas beragam seni budaya daerah bangsa Indonesia yang terdapat di Kota Balikpapan.

"Selain itu juga bertujuan melestarikan kesenian daerah agar tidak punah nantinya,sehingga seni budaya kita tetap terjaga dan tidak dicaplok atau diakui oleh bangsa luar sebagai kesenian milik mereka," kata Darwis.

Kegiatan seni dan budaya yang bertajuk "Kampoeng Seni" tersebut merupakan agenda kerja tahunan Dewan Kesenian Balikpapan, yang mana pada tahun ini pelaksanaan bekerjasama dengan Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Balikapapan, katanya.

"Lomba Parade Beach Band diikuti sebanyak 20 grup band, yang berasal dari Balikpapan, Penajam dan Samarinda, lomba baca puisi untuk tingkat SMP dan SMA diikuti sebanyak 50 pelajar,lomba melukis,mewarnai dan menggambar diikuti sebanyak 30 peserta," kata Darwis.

Kegiatan tersebut dapat terlaksana juga berkat adanya dukungan dari berbagai pihak, seperti Total E&P Indonesie, Beruang Madu Clothing dan Air Mineral Club.(*)

Pewarta: Susylo Asmalyah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015