Balikpapan (ANTARA Kaltim) - Peragaan busana batik khas Balikpapan dengan berbagai corak dan motif mewarnai peringatan Hari Ulang Tahun ke-118 Kota Balikpapan, di Lapangan Merdeka, Selasa.

Peragaan busana batik disaksikan Wakil Gubernur Kalimantan Timur HM Mukmin Faisyal, Kapolda Kaltim Irjen Pol Andayono, Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Ketua DPRD Abdulloh dan para tamu undangan.

Menurut Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Balikpapan Arita Rizal Effendi, batik khas Balikpapan saat ini sudah dipromosikan hingga ke Jakarta.

"Saat ini, kita sudah mengkader 60 perajin yang berada di Rumah Kreatif Balikpapan (RKB), Kilometer 5, Kilometer 11, dan Sepinggan," kata Arita.

Menurut ia, kalau dulu batik khas di Kalimantan Timur dibuat di Jawa, tapi batik khas Balikpapan dari mulai desain hingga proses dikerjakan di Balikpapan.

"Dan kita masih tetap mengunakan ciri khas Balikpapan, seperti akar mangrove, karamunting, ikan, dan beruang madu," tambahnya.

Saat ini, tambah Arita, beberapa tempat perajin yang menjual batik khas Balikpapan kewalahan menerima banyaknya pesanan karena batiknya dikerjakan dengan cara tulis.

"Kita akan mulai memproduksi batik khas Balikpapan dengan cara `print` (cetak) untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat," kata Arita.    (*)

Pewarta: Susylo Asmalyah

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015