Samarinda (ANTARA Kaltim) - Komisi IV DPRD Kaltim, beberapa waktu lalu melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Berau. Fokus pada progres pendidikan, beberapa lokasi disambangi. Diantaranya Berau Training Center, SMA Negeri 4 dan SMA Negeri 9 Berau, terakhir ke SMK Negeri 3 Berau.

Rombongan dipimpin langsung oleh Ketua Komisi IV Zain Taufik Nurrohman, didampingi Sekretaris Komisi IV Rita Artaty Barito, dan anggota Hermanto Kewot, Ahmad Rosyidi, dan Mursidi Muslim. “Semampu mungkin terkait pendidikan harus terus diprioritaskan. Dampaknya pasti terhadap negara karena menghasilkan generasi penerus yang mandiri dan berkualitas,” kata Zain, Ketua Komisi IV.

Guna menghasilkan mutu tinggi berkualitas dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) , SMK Negeri 3 Berau hadir menjadi sekolah SMK perikanan dan kelautan yang tumbuh dan berkembang berlandaskan akuntabilitas, sustainabilitas dan entrepreneurship. Menghasilkan cikal bakal yang mampu mengembangkan diri sebagai tenaga kerja yang professional dan mampu melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi.

Disekolah itu terungkap jika mereka membutuhkan bantuan berupa kapal latin pure seine 30 GT dan keramba jaring apung. Tujuannya menunjang pengembangan SDM berkompeten.
 
Jupri, Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Berau mengungkapkan terkait konsep sekolah ; Menciptakan sebuah lapangan pekerjaan secara mandiri, tidak bermindset pegawai. Orientasinya tidak diperuntuhkan mencari materi saja tetapi bagaimana langkah untuk bisa menciptakan lapangan pekerjaan. Sehingga siswa ketika lulus tidak bingung dalam pengembangan materi yang didapat dibangku sekolah.   

 â€œSaya berharap agar Komisi IV dapat mendukung dan memberikan bantuan sekaligus menjadikan SMK Negeri 3 Berau ini sebagai miniatur kehidupan siswa kelak. Apalagi dengan fokus pada ilmu kelautan dan perikanan, kita tahu sebagaian besar Indonesia ini terdiri dari air,” katanya.

Menanggapinya, Hermanto Kewot mengatakan, upaya dalam meningkatkan kualitas pendidikan guna menghasilkan generasi lebih baik, perlu diberikan dukungan. Potensi kelautan yang besar seharusnya bisa dimanfaatkan dengan baik oleh sekolah ini hingga berimbas positif terhadap Negara termasuk kehidupan siswa di masa mendatang.

“Saya yakin dengan konsep yang diusung ini pasti berimbas positif bagi kelangsungan kehidupan lima tahun mendatang. Kita tahu bahwa mata pencaharian disini sebagian besar nelayan, ini merupakan langkah baik bagi generasi muda di sekolah ini,” urainya. (Humas DPRD Kaltim/adv/rid/dhi)

Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015