Sangatta (ANTARA Kaltim) -  Tiga Gubernur di Provinsi Kalimantan diundang menghadiri acara "Aruh Ganal" yakni Pesta Besar Adat Suku Banjar yang digelar di Sangatta, Kutai Timur, Kalimantan Timur pada 10-11 Januari 2015.

Ketua Panitia Pesta Adat Aruh Ganal, Haji Jarsoni, di Sangatta, Rabu, mengatakan ketiga kepala daerah yang diundang dan dijadwalkan hadir, masing-masing Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak, Gubernur Kalimantan Selatan Rudi Arifin dan Pj Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie.

"Berbagai acara hiburan budaya dan makanan khas Suku Banjar akan disajikan pada Aruh Ganal, yang dirangkai pelantikan pengurus Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) Kabupaten Kutai Timur periode 2014-2019," katanya.

Didampingi Sekretaris Panitia Supiansyah dan Kepala Humas KBB Kutim M Fachri, ia menjelaskan Wakil Ketua MPR RI H Mahyudin, yang juga merupakan penasihat Paguyuban Banjar, dijadwalkan hadir dalam acara tersebut.

Ketiga gubernur dan wakil ketua MPR itu merupakan orang-orang penting dalam Paguyuban. Seperti Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak merupakan tuan rumah Provinsi Kaltim.

Selama ini, Awang Faroek cukup dekat dengan masyarakat Suku Banjar dan berhasil memimpin Kaltim hingga mampu menjaga keharmonisan semua etnis, suku dan pemeluk agama yang ada di daerah setempat.

Kemudian Gubernur Kalsel Rudi Arifin saat ini menjabat sebagai Presiden Kerukunan Bubuhan Banjar Seluruh Dunia. Sedangkan Pj. Gubernur Kaltara Irianto Lambrie merupakan Ketua Umum KBB Kalimantan Timur dan telah berhasil memimpin serta melaksanakan berbagai agenda organisasi dengan baik.

Sementara Wakil Ketua MPR Mahyudin adalah penasihat KBB Kutai Timur. Mantan Bupati Kutai Timur ini juga dikenal sangat dekat dengan semua orang termasuk masyarakat Suku Banjar.

"Pejabat kepala daerah yang juga kami undang untuk hadir ada 14 bupati dan wali kota se- Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara," tambah Jarsoni.

Kepala Humas KBB Kutim, Fachri menambahkan untuk memeriahkan Pesta Besar Bubuhan Banjar tersebut akan digelar hiburan rakyat dengan menghadirkan pemusik kondang asal Banjarmasin, Jhon Tralala dan grupnya.

Selain itu, juga ada hiburan Mamanda, Kuntau dan Samrah, Shalawatan Qashidah Al Husna, serta artis KDI Lita bersama empat artis asal ibukota lainnya.

"Tidak ketinggalan juga makanan tradisional dan modern khas Suku Banjar akan menyemarakkan Aruh Ganal di Pasar Induk Sangatta," kata Fachri, dengan menambahkan acara ini menghabiskan dana sekitar Rp500 juta. (*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015