Penajam (ANTARA Kaltim) - Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara, kembali menemukan dua warga positif terinfeksi "Human Immunodeficiency Virus" (HIV) atau virus yang menyerang kekebalan tubuh manusia.

Pengelola Program HIV/AIDS Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara, Ponco Waluyo, Kamis mengungkapkan, kedua warga yang positif terinfeksi HIV itu, satu perempuan berusia 35 tahun dan seorang laki-laki berusia 30 tahun.

"Perempuan itu diketahui positif terinfeksi HIV ketika dilakukan pemeriksaan dan tes darah untuk operasi usus buntu di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan," ungkap Ponco Waluyo.

Ia menduga, perempuan tersebut terinfeksi HIV dari suaminya.

Namun, Dinas Kesehatan Penajam Paser Utara, lanjut Ponco Waluyo, belum melakukan pendekatan dan pemeriksaan terhadap suami perempuan tersebut yang kemungkinan anaknya juga terinfeksi HIV.

"Kami akan melakukan pendekatan ke suaminya, agar bersedia dites HIV bersama anaknya karena kemungkinan, suaminya yang lebih dulu sehingga keluarganya juga bisa terinfeksi," kata Ponco Waluyo.

Sedangkan, pria berusia 30 tahun, tambah Ponco Waluyo, terdeteksi positif terinfeksi HIV ketika berobat karena terkena Tuberkulosis (TB) di Puskesmas Petung kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Penajam Paser Utara untuk mendapatkan perawatan.

"Bulan lalu, dia periksa TB di Puskesmas Petung, tapi dirujuk ke RSUD kemudian diperiksa, ternyata positif terinfeksi HIV," ujar Ponco Waluyo.

Kondisi kesehatan pria yang belum berkeluarga tersebut, kata Ponco Waluyo, terus menurun karena menderita TB apalagi tubuhnya diserang oleh HIV sehingga dirujuk ke RSUD Balikpapan.

Dinas Kesehatan Penajam Paser Utara, lanjut Ponco Waluyo, akan melakukan pemeriksaan di berbagai tempat yang dianggap rawan atau risiko tinggi (risti) penyebaran HIV, salah satunya di tempat hiburan malam (THM).

"Dalam waktu dekat, kami akan melakukan tes HIV, termasuk di kafe dan perusahaan serta instansi pemerintahan," ungkap Ponco Waluyo.

Dengan ditemukannya dua warga yang positif terinfeksi HIV tersebut, sampai saat ini jumlah warga Kabupaten Penajam Paser Utara yang positif terinfeksi HIV menjadi 26 orang, terbanyak berada di Kecamatan Penajam.    (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014