Balikpapan (ANTARA Kaltim) - Anggota Komisi I DPRD Kaltim kembali melakukan kunjungan kerja kepada mitra kerjanya yang berada di dalam daerah. Setelah sebelumnya berkunjung ke Kodam VI/MLW dan Polda, rombongan Komisi I yang dipimpin Josep selaku ketua komisi, dibarengi anggota yakni Jhony Laim Impang, Ingkong Ala dan Siti Qomariah dibarengi dua staf ahli dan staf komisi mengunjungi Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Balikpapan, Rabu (3/12).

Romobongan diterima oleh Komandan Lanal Balikpapan Ariantyo Condrowibowo.

Agenda kunjungan kerja yang bermaksud untuk mendengarkan laporan hasil kerja TNI Angkatan Laut dalam upaya menjaga dan menertibkan perairan Indonesia. Dipimpin oleh Josep, rapat dibuka dengan agenda laporan pertahanan dan keamanan laut diperbatasan wilayah Kaltara-Indonesia dan Malaysia.

Dijelaskan Ariantyo  Lanal Balikpapan sendiri belum memiliki dermaga untuk kapal mereka bersandar. Jadi selama ini hanya meminjam dermaga dari pihak lain. Padahal sudah beberapa tahun, Lanal berupaya mengajukan kebutuhan akan dermaga kepada pemerintah, baik provinsi maupun kabupaten/kota.

Hingga sekarang kebutuhan itu belum segera terwujud. Karena itu Lanal melakukan mediasi kembali kepada jajaran DPRD Kaltim terkait anggaran pembangunan dermaga ini. Selain dermaga, Lanal juga meminta satu unit kapal survei terbaru yang memang merupakan kebutuhan pokok untuk survei ke tengah laut.

Menanggapi laporan ini, Ingkong Ala, mengatakan dirinya mendukung penuh permasalahan yang dikeluhkan oleh Lanal Balikpapan ini. Namun harus dibarengi pada meningkatnya produktifitas dan sumbangsih bagi daerah. Terutama pada masa sekarang ini, menekan kriminalitas di perairan seperti penyelewengan minyak subsidi.

“Kami sangat mendukung kebutuhan untuk meningkatkan kualitas pengawasan perairan. Banyak hal bisa dilakukan, misalnya perbanyak personel keamanan, penambahan jam patroli, dan lain sebagainya," kata Ingkong.

Jhony Laim Impang dalam kesempatannya mengatakan. Pemerintah daerah dan provinsi mendukung penuh dalam hal anggaran untuk mendukung kinerja TNI Angkata Laut ini. Fungsi pengamanan yang dilakukan amatlah penting untuk mendukung keamanan dan ketertiban wilayah kelautan, terutama yang berbatasan langsung dengan negera tetangga.

"Kami akan berupaya yang terbaik dalam hal ini. Nantinya, kami akan mengundang Lanal Balikpapan untuk melakukan rapat dengan pemerintah provinsi dan jajaran DPRD. Agar pemerintah tahu pentingnya hal ini," kata Jhony. (Humas DPRD Kaltim/adv/tos/oke)



 

Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014