Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) menyatakan jargon "Kaltim Green" yang sejak lama diusung Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) untuk pembangunan hijau dan berkelanjutan, diyakini mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi dari subsektor perkebunan.

"Pemprov Kaltim menetapkan lima komoditas perkebunan unggulan yang kini terus dikembangkan, yakni komoditas kakao, karet, kelapa sawit, lada, dan kelapa bulat, dengan pengelolaan perkebunan berkelanjutan," kata Manajer Senior Program Terestrial YKAN Niel Makinuddin di Samarinda, Kamis.

Pihaknya memberi apresiasi tinggi terhadap pembangunan perkebunan berkelanjutan, karena selain untuk mendongkrak perekonomian juga untuk mempertahankan kawasan hijau, termasuk sebagai perlindungan pada Area Nilai Konservasi Tinggi (ANKT) untuk kelestarian keanekaragaman hayati dan lanskap perkebunan.

Jika perkebunan dikelola secara profesional dan menghasilkan produk hulu hingga hilir berkualitas tinggi, tentu memiliki peluang besar masuk pasar ekspor, karena bahan pangan dan turunan dari perkebunan dibutuhkan setiap negara, sehingga ke depan bisa mengungguli ekspor batu bara.

"Bayangkan suatu saat nanti masyarakat lebih mengenal kelapa bulat, kakao, karet Kaltim yang menjadi andalan ekspor ketimbang batu bara. Apalagi saat ini ekspor kelapa sawit makin meluas meski perlu terus dilakukan hilirisasi,” kata Niel.

Hal ini, lanjut ia, tentu akan memperkuat persepsi tentang Provinsi Kaltim yang memiliki jargon Kaltim Green ini, karena Kaltim memang bisa terdongkrak perekonomiannya melalui komoditas perkebunan unggulan.

Ia melanjutkan, kelapa dalam atau kelapa bulat merupakan sektor perkebunan yang masih perlu banyak perhatian, sehingga semua pihak terkait perlu kolaborasi membangkitkan minat dan perhatian mulai dari lahan, pelaku perkebunan, hingga jangkauan pasar global.

"Pengembangan komoditas unggulan ini sejalan dengan arah pembangunan hijau yang digaungkan sejak belasan tahun lalu. Apalagi sekarang Kaltim sedang getol-getolnya mendorong sumber pendapatan alternatif dari industri terbarukan, salah satunya adalah perkebunan," tutur Niel.

Sementara Kepala Dinas Perkebunan Kaltim Ence Achmad Rafiddin Rizal mengatakan, sudah saatnya Kaltim fokus membangkitkan kembali minat masyarakat terhadap tanaman perkebunan unggulan, khususnya kelapa dalam yang pernah berjaya.

Ia lalu merujuk data ekspor kelapa bulat dari Badan Karantina Kementerian Pertanian, yakni Indonesia merupakan produsen sekaligus eksportir kelapa bulat terbesar di dunia dalam kurun 2016-2020, dengan kontribusi 58,37 persen terhadap total volume ekspor kelapa bulat dunia.

"Nilai ekspornya mencapai 61,9 ribu ton dengan tujuan China, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Singapura. Kelapa bulat tersebut diantaranya dari Kaltim. Namun kini produksi kelapa bulat Kaltim terus menurun, maka kami terus melakukan berbagai upaya agar kelapa bulat Kaltim kembali berjaya," ucap Rizal.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : M.Ghofar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024