Kapolresta Balikpapan Komisaris Besar Anton Firmanto melakukan pemeriksaan atau pengecekan lokasi debat Pasangan Calon (Paslon)  wali kota dan wakil wali kota pada  Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.
 
"Malam ini akan digelar debat, maka sebelum kegiatan kami beserta satuan tugas Operasi Mantap Praja Manutung memastikan lokasi  sudah steril," kata Anton Firmanto, Rabu (23/10).
 
Dari hasil peninjauan, Anton memastikan lokasi kegiatan debat sudah siap dari segi keamanan dan dilokasi kegiatan akan ditempatkan para personel keamanan  di sejumlah titik terutama di areal penting.
 
Menurutnya di lokasi berlangsungnya debat paslon walikota dan wakil walikota juga disiapkan tempat pemeriksaan yang akan memasuki lokasi kegiatan seperti Security Door (Secdoor).
 
Sementara itu, Komisioner KPU Balikpapan Suhardi menuturkan debat akan berlangsung selama 120 menit dan disiarkan di salah satu stasiun tv swasta.
 
Dia menjelaskan selama 120 menit itu, dibagi 30 menit untuk jeda, dan dalam debat nanti terbagi menjadi 6 segmen. Segmen pertama adalah pembukaan dan pembacaan visi-misi hingga pertanyaan antar paslon
 
"Kemudian segmen-segmen berikutnya diisi dengan pendalaman visi-misi, debat, serta pertanyaan antar paslon dan panelis," ucapnya.
 
Suhardi menegaskan, yang perlu digarisbawahi adalah tata tertib dalam debat seperti paslon tidak boleh menyela dan lainnya.
 
"Adapun untuk masing-masing pendukung paslon jumlahnya di batasi hanya 50 orang, tidak boleh membawa atribut tambahan selain baju yang digunakan," kata dia.
 

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024