Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) saat ini telah mempersiapkan generasi muda atlet angkat besi, untuk kejuaraan nasional  yang digelar Tahun 2025.

“Kemarin kami telah melaksanakan kejuaran angkat besi  se- Kalimantan Timur memperebutkan piala Gubernur, khususnya usia 14, 15, 17 tahun,“ ucap Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Kaltim, Rasman Rading di Samarinda, Senin (21/10).

Ia mengatakan  sebanyak 74 atlet muda angkat besi dari kabupaten/kota yang  berlaga di Piala Gubernur  kemarin.

Lanjutnya,  kejuaraan tersebut sekaligus  sebagai  persiap para  atlet untuk kejuaraan jangka pendek menengah dan jangka panjang.

Rasman menuturkan melalui kejuaran angkat besi junior di harapkan muncul bibit  atlet angkat besi yang mampu mengikuti kejuaraan nasional hingga internasional.

Ia mengungkapkan dengan kejuaraan tersebut  dapat terseleksi atlet muda angkat besi Kaltim yang akan mengikuti kejuaraan nasional angkat besi pada Tahun 2025.

“Kita lakukan pembinaan dan persiapan  dengan menggelar sejumlah kejuaraan,  salah satunya dengan kejuaran tingkat daerah seperti  memperebutkan Piala Gubernur,” katanya.

Rasman menjelaskan dalam kejuaraan memperebutkan Piala Gubernur tersebut , para atlet muda Kaltim mendapatkan motivasi langsung dari Rizki Juniansyah peraih medali emas cabang angkat besi di Olimpiade Paris 2024.

“Rizky juniansyah pernah berlatih di Kalimantan Timur, kami juga  berharap atlet muda seperti Firda Khairunnisa  yang  meraih medali emas PON 2024 masuk ke Pelatnas untuk mengikuti  kejuaraan internasional termasuk Asian Games,” tutup Rasman.

Pewarta: Muhammad Hafif Nikolas

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024