Balikpapan (ANTARA Kaltim) -  Seluruh anggota DPRD Balikpapan yang berjumlah 43 orang melawat ke Tegal dan Brebes di Jawa Tengah selama 3 hari mulai Senin (13/10) hingga Rabu (15/10).

Kegiatan ini menjadi kunjungan kerja pertama para wakil rakyat Balikpapan setelah dilantik pada 25 Agustus lampau.

"Kami ingin belajar bagaimana mengelola sektor pariwisata, industri rumah tangga, dan pertanian," kata Abdulloh, Ketua DPRD Balikpapan yang menjadi ketua rombongan sesaat sebelum berangkat, Senin (13/10).

Sektor pariwisata dan industri rumah tangga coba dilihat dan ditiru dari Tegal sementara di Brebes akan dipelajari pengelolaan pertanian dan peternakan.

Menurut Abdulloh, agar lebih efektif, DPRD juga mengajak kepala satuan kerja perangkat daerah yang terkait, yaitu Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Oemy Facesly, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi Doortje Marpaungi, serta Kepala Dinas Pertanian Kelautan, Perikanan Chaedar Chaerulsyah.

Di Brebes itu ada pertanian yang hasil-hasilnya jadi pemasok kemana-mana. Begitu juga peternakannya. Bahkan ada usaha telur asin yang tampaknya sederhana, tapi bisa jadi pemasukan yang sangat lumayan, tambah Abdulloh.

Di Tegal, para anggota DPRD Balikpapan akan berkunjung ke industri rumah tangga yang membuat suku cadang atau spare parts kendaraan bermotor. Suku cadang buatan industri rumah tangga itu diakomodasi oleh pabrikan dan mengikuti standar-standar yang ditetapkan pabrikan tersebut.

Saya kira Balikpapan bisa mengadopsi itu. Kota itu kota vokasi dan siswa sekolah kejuruan mesin dan teknik sangat banyak. Industri seperti itu bisa menjadi peluang bagus bagi mereka,sebut politisi Golkar itu.

Senin pagi rombongan tiba di Jakarta, kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan kereta api melalui stasiun Gambir menuju Tegal.(*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014