Dua desa dan kelurahan di Provinsi Kalimantan Timur meraih prestasi di tingkat nasional pada kegiatan Temu Karya Nasional dan Penganugerahan Desa dan Kelurahan Berprestasi Tahun 2024 yang digelar di Gedung Ksiramawa Kompleks Art Center Bali.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Katim Puguh Harjanto dalam keterangan di Samarinda, Rabu, menjelaskan, Kelurahan Long Ikis di Kabupaten Paser meraih Juara 2 Nasional kategori Kelurahan di wilayah Regional 3, sementara Kampung Kayu Indah di Kabupaten Berau meraih Juara 3 Tingkat Regional 3 dalam kategori Desa PKAD/Desa Teladan.

Ia menjelaskan, kegiatan Temu Karya Nasional dengan tema “Desa dan Kelurahan Terus Berinovasi Menuju Indonesia Emas” itu dirangkai dengan Penganugerahan Desa dan Kelurahan Berprestasi Tahun 2024 serta penyerahan penghargaan Upakarya Wanua Nugraha.

Acara tersebut dibuka oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan dihadiri lebih kurang 350 peserta dari unsur kepala desa, lurah, ketua TP PKK, camat, ketua BPD, ketua LPM, serta pendamping desa tingkat kabupaten/kota dan provinsi se-Indonesia.

“Dari kegiatan Temu Karya Nasional 7 - 10 Oktober 2024 ini diharapkan desa dan kelurahan dapat menjadi sentra ekonomi yang hidup. Jangan mengandalkan kerja otak saja, tetapi juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan kelurahan," ujar Puguh.

Di samping itu, juga diharapkan pemanfaatan pembangunan oleh masyarakat desa serta penguatan pemberdayaan masyarakat desa agar tidak terjadi urbanisasi.

“Kuncinya kepala desa harus mempunyai skill. Selain itu, juga harus mempunyai konsep tentang arah pembangunan desa. Salah satu kualitas yang penting selain bisa memimpin dan memahami administrasi pemerintahan adalah kemampuan kewirausahaan agar bisa melahirkan PAD dan PADes,” sambungnya.

Adapun kegiatan Temu Karya Nasional 2024 diisi dengan diskusi, pembekalan, dan motivasi penguatan tata kelola pemerintahan desa serta "best practice" keberlanjutan kinerja tata kelola desa/kelurahan berprestasi berbasis inovasi dan potensi unggulan.

Selain itu juga ditampilkan kilas balik pelaksanaan Penjaringan Desa dan Kelurahan Berprestasi Tahun 2024, Penyerahan Piala dan Piagam Kepala Desa dan Kelurahan Berprestasi Tingkat Nasional, serta Upakarya Wanua Nugraha kepada kepala daerah.

Pewarta: Arumanto

Editor : M.Ghofar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024