Anggota DPRD Kabupaten Paser dari  Partai Nasional Demokrat ( Nasdem)  Muhammad Jarnawi  terpilih sebagai Ketua Badan Kehormatan (BK) masa jabatan 2024-2029 pada rapat paripurna dewan yang digelar Selasa (8/10).

Muhammad Jarnawi  terpilih melalui musyawarah di internal anggota badan kehormatan dewan.

Sekretaris DPRD  Paser, M. Iskandar Zulkarnain mengatakan pemilihan ketua badan kehormatan dewan ini diawali dengan pemilihan komposisi untuk anggota badan kehormatan dewan.

" Ada empat calon anggota dewan badan kehormatan yang diusulkan masing-masing fraksi yakni Muhammad Jarnawi, Agus Santoso, Basri  dan Erlina," kata Zulkarnain.

Kemudian masing-masing anggota dewan memilih tiga dari empat calon anggota badan kehormatan. Hasil pemungutan suara, M.Jarnawi mendapat  23 suara, Basri  mendapat 24  suara,  Agus Santosa mendapat  24 suara dan Erlina mendapat 4 suara. 

"Sebanyak 26 anggota memberikan suara. Satu suara dinyatakan tidak sah karena hanya memilih dua calon," kata Zulkarnain.

Komposisi anggota badan kehormatan kemudian diambil dari tiga peraih suara terbanyak yakni Muhammad Jarnawi, Basri dan Agus Santosa.

"Dari musyawarah internal tiga anggota badan kehormatan, mereka mempercayakan Muhammad Jarnawi sebagai Ketua, Agus Santosa Wakil Ketua, Basri anggota, dan  Sekretaris dijabat  Sekretaris Dewan., " katanya.

Seperti diketahui tugas BK adalah memantau dan mengevaluasi disiplin dan kepatuhan terhadap moral, kode etik, tata tertib dewan dalam rangka menjaga martabat, kehormatan, citra, dan kredibilitas DPRD.  (Adv)
 
 

Pewarta:  R.Wartono/ Prasetya

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024