Desa Pela, Kota Bangun, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur berhasil meraih peringkat lima dalam ajang Lomba Desa Wisata Nusantara 2024.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim, Puguh Harjanto di Samarinda, Senin, menjelaskan penghargaan tersebut diserahkan pada malam apresiasi Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2024 yang dilaksanakan di Jakarta.

"Lomba desa wisata nusantara adalah penghargaan kepada desa yang telah menunjukkan kinerja luar biasa dalam mengembangkan potensi wisata. Serta kepada individu-individu yang berkontribusi secara signifikan dalam pembangunan masyarakat," jelasnya.

Desa wisata menjadi salah satu strategi utama untuk meningkatkan perekonomian lokal, menciptakan lapangan kerja baru, serta mendorong partisipasi masyarakat dalam pengembangan desa yang berkelanjutan.

“Desa wisata bukan hanya sekadar destinasi, tetapi merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat desa. Kita harus bersama-sama memberdayakan potensi lokal agar setiap desa dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional,” ujar Puguh.

Puguh mengungkapkan lomba desa Nusantara ini memiliki tujuan mulia. Yakni mendorong pengembangan desa yang berbasis pariwisata.

Dengan memanfaatkan potensi lokal yang ada, diharapkan desa-desa di Indonesia dapat meningkatkan ketahanan ekonomi dan mengurangi kesenjangan antarwilayah.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperbaiki kualitas sumber daya manusia dan infrastruktur yang mendukung pelayanan dasar, selaras dengan pilar-pilar Sustainable Development Goals (SDGs).

Pada lomba desa nusantara itu, lanjut Puguh Provinsi Kalimantan Timur berhasil meraih tiga penghargaan di antaranya, piagam penghargaan dan lencana yang diberikan untuk Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik.

Juara 5 Lomba Desa Wisata Nusantara Kategori I yang di raih oleh Desa Pela Kukar dan Juara 1 Pelopor Desa Wisata Inspiratif yang di raih oleh Alimin Azarbaijan dari Desa Pela.

 

Pewarta: Arumanto

Editor : M.Ghofar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024