Industri Kecil dan Menengah (IKM) Osadha Samarinda, Kalimantan Timur berhasil meraih penghargaan Industri Kecil Terbaik dalam ajang Indonesia Halal Industry Awards (IHYA) 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian RI.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kalimantan Timur, Heni Purwaningsih, di Samarinda, Senin mengatakan IKM Osadha, bergerak dalam bidang obat tradisional halal yang berlokasi di Jalan Terong Pipit 1 Blok D No 605, Samarinda.

"Saya berharap penghargaan itu dapat memotivasi lebih banyak IKM di Kalimantan Timur untuk meraih prestasi serupa di masa mendatang," kata Heni.

Heni juga berharap penghargaan IHYA bisa menjadi inspirasi bagi IKM lain untuk terus meningkatkan kualitas dan daya saing produk halal, baik di pasar nasional maupun internasional.

Heni menjelaskan pada Tahun ini, Menperin RI Agus Gumiwang Kartasasmita memberikan 22 penghargaan IHYA 2024 yang terdiri dari delapan kategori, di antaranya Inovasi Halal Terbaik, Program Sosial Kemasyarakatan Terbaik dan Rantai Pasok Halal Terbaik.

Kategori pertama, Inovasi Halal Terbaik (Best Halal Innovation) yang meliputi CV Batik Teknologi Indonesia, Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Tekstil, Pemerintah Kabupaten Sumbawa, Universitas Ahmad Dahlan, serta Majelis Ulama Indonesia.

Kedua, kategori Program Sosial Kemasyarakatan Terbaik (Best Social Impact Initiatives), yang meliputi PT Paragon Technology and Innovation, Politeknik AKA Bogor, serta Yayasan Rumah Zakat Indonesia.

Ketiga, kategori Rantai Pasok Halal Terbaik (Best Halal Supply Chain), diraih oleh PT Dexa Medica.

Keempat, kategori Industri Kecil Terbaik (Best Small Industry), yang meliputi PT Alindra Berkah Cemerlang, CV Paradise Batik, CV Kay Nusa Bihaka, PT Followme Indonesia, dan PT Osadha Nusantara Group atau industri asal Samarinda.

Kelima, kategori Kawasan Industri Halal Terbaik (Best Halal Industrial Estate), yang diraih Halal Industrial Park Sidoarjo (PT Makmur Berkah Amanda Tbk).

Keenam, kategori Ekspansi Ekspor Terbaik (Best Export Expansion), diterima oleh PT Darya-Varia Laboratoria Tbk.

Berikutnya, kategori Dukungan Program Halal Terbaik (Best Halal Program Support) diserahkan kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan Pemerintah Kota Banjarmasin.

Kategori kedelapan, yaitu Dukungan Finansial Terbaik (Best Halal Financial Support), diterima oleh PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah, PT Dana Syariah Indonesia, Koperasi Konsumen Syariah BMT Insan Samawa, dan Badan Amil Zakat Nasional.

 

Pewarta: Arumanto

Editor : M.Ghofar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024