Upfield Indonesia sebagai salah satu perusahaan pengemasan bahan makanan nabati terbesar, berkomitmen meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya Omega 3 dan 6 melalui kampanye nasional #tambahkanBlueBand.
 
"Kampanye ini merupakan inisiatif nasional yang akan berlangsung sepanjang tahun, bertujuan untuk mempromosikan kesadaran tentang pentingnya Omega 3 dan 6 dalam menu makanan anak-anak," ujar Marketing Director Upfield Indonesia Ade Savitri, saat dihubungi di Samarinda, Jumat.
 
Gerakan ini diharapkan dapat menjangkau hampir 100 juta ibu di seluruh Indonesia, mendorong mereka memastikan anak-anak mendapatkan asupan cukup dari nutrisi penting ini, yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan.
 
Ade Savitri menyatakan, kampanye ini dipicu oleh kepedulian BlueBand terhadap kurangnya pemahaman tentang manfaat Omega 3 dan 6 di kalangan orang tua, terutama ibu yang sering menyiapkan menu untuk keluarga. 
 
"Dengan kampanye #tambahkanBlueBand, kami berharap dapat menjembatani kesenjangan pengetahuan ini dan membantu para orang tua memasukkan nutrisi penting ini ke dalam menu makanan sehari-hari untuk anak-anak mereka," tambahnya.
 
Kampanye #tambahkanBlueBand menganjurkan praktik sederhana namun berdampak besar, seperti menambahkan satu sendok makan BlueBand margarin krim pada menu sarapan, makan siang, dan makan malam. 
 
Langkah ini tidak hanya meningkatkan cita rasa makanan, tetapi juga membantu memenuhi kebutuhan harian Omega 3 dan 6. 
 
Sebagai satu-satunya margarin krim di pasaran yang menyediakan lemak esensial nabati Omega 3 dan 6 dalam jumlah signifikan, BlueBand memiliki posisi unik untuk meningkatkan kualitas gizi makanan anak-anak di seluruh negeri.
 
Kampanye ini akan menjangkau target pasar BlueBand melalui berbagai saluran, termasuk televisi, platform digital, key opinion leader (KOL) dan influencer, promosi di toko dan supermarket, serta papan billboard (out-of-home). 
 
"Kegiatan lapangan seperti kunjungan ke sekolah, kompetisi yang melibatkan guru, orang tua, dan siswa, serta inisiatif edukasi bagi pengelola kantin sekolah juga direncanakan untuk mendukung tujuan kampanye," tambah Ade Savitri.
 
Para ibu selalu ingin memberikan makanan bergizi terbaik demi tumbuh kembang optimal anak-anak. Namun, beberapa kandungan gizi penting sering terabaikan saat memilih menu makanan. Lemak baik Omega 3 dan 6, yang merupakan lemak esensial bagi tubuh, sangat penting bagi tumbuh kembang anak. 
 
Lemak esensial ini memainkan peran penting dalam pertumbuhan sel dan jaringan, produksi hormon, dan sebagai komponen dasar membran sel.
 
Meskipun sangat penting, banyak anak Indonesia belum mendapatkan asupan nutrisi ini dalam jumlah cukup.
 
Keterbatasan waktu dalam menyiapkan makanan, persepsi bahwa makanan kaya Omega 3 dan 6 mahal, serta kecenderungan anak-anak memilih jajanan tidak sehat di sekolah diduga berkontribusi pada kekurangan ini. 
 
"Sebuah studi pada tahun 2016 menemukan bahwa 8 dari 10 anak di Indonesia mengonsumsi Omega 3 di bawah tingkat minimum yang direkomendasikan, dan 3 dari 10 anak juga kekurangan Omega 6," sebut Ade Savitri.
 
Dia menambahkan, studi terbaru hasil kerja sama antara BlueBand dengan IPB University mengonfirmasi kembali kondisi tersebut. 
 
Studi tersebut mengkaji kebiasaan makan siswa dari daerah perkotaan dan pedesaan di Bogor dan menyoroti kekurangan asupan Omega 3 dan 6 yang umum terjadi di kalangan anak-anak.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024