Balikpapan (ANTARA Kaltim) -  Wali Kota Balikpapan, Kalimantan Timur Rizal Effendi meminta Dinas Pendidikan untuk menyiapkan diri melaksanakan program Indonesia Cerdas yang menjadi salah satu program pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) di bidang pendidikan.

"Kita juga perlu kenyiapkan dri terhadap kemungkinan dilakukan pemisahan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjadi Kementerian Pendidikan Tinggi dan Riset serta Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah," katanya di Balikpapan, Kamis.

Ia mengatakan selama ini kedua hal tersebut masing-masing diurusi oleh seorang Direktur Jenderal di bawah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

"Saya ingin satuan kerja perangkat daerah (SKPD) mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk penyesuaian diri dengan program-program pemerintah baru," katanya.

Menurut Rizal, sambil menunggu kebijakan resminya, Pemkot Balikpapan mempelajari kemungkinan arah pemerintah baru dari yang sudah disampaikan Presiden terpilih Joko Widodo dalam berbagai kesempatan.

Program Indonesia Cerdas dari Presiden terpilih Joko Widodo antara lain membebaskan biaya pendidikan, terutama bagi siswa yang tidak mampu, dana tersebut akan disisihkan dari APBD secara khusus.

Wali Kota Balikpapan telah mengumpulkan jajaran Dinas Pendidikan, termasuk juga para asisten sekretaris kota untuk membahas persoalan terkini di bidang pendidikan tersebut. (*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014