Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Timur (KPU Kaltim) menyebut pemilihan kepala daerah (pilkada), baik tingkat provinsi maupun di 10 kabupaten dan kota diikuti 29 bakal pasangan calon dengan tiap daerah terdapat satu hingga empat pasang.

"Proses pendaftaran pilkada berjalan lancar. Kami telah memastikan semua bakal pasangan calon yang telah mendaftar memenuhi syarat administrasi yang ditetapkan, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota," ujar Komisioner KPU Kaltim Divisi Teknis Suardi di Samarinda, Sabtu.

Bakal pasangan calon (paslon) terbanyak berasal dari dua daerah, yakni Kota Bontang dan Kabupaten Penajam Paser Utara yang masing-masing diikuti empat bakal paslon, sedangkan di Kota Samarinda hanya ada satu bakal paslon.

Sedangkan rincian 29 bakal paslon yang telah sah diterima masing-masing KPU daerah tersebut adalah untuk Pilkada Provinsi Kaltim diikuti dua pasang, yakni Isran Noor/ Hadi Mulyadi dan Rudy Mas'ud/ Seno Aji.

Kemudian, tingkat kabupaten dan kota adalah Pilkada Kabupaten Paser diikuti dua pasang, yakni Fahmi Fadli/ Ikhwan Antasari dan Syarifah Masitah Assegaf/ Denni Mappa.

Pilkada Kabupaten Kutai Kartanegara terdapat tiga pasang, yaitu Awang Yacoub Luthman/ Akhmad Zais, Dendi Suryadi/ Alif Turiadi, dan Edi Damansyah/ Rendi Solihin.

Baca juga: Jika calon tunggal kalah oleh kotak kosong, KPU sebut dua alternatif

Berikutnya adalah Pilkada Kabupaten Berau, diikuti dua bakal paslon, yakni Sri Juniarsih Mas/ Gamalis dan pasangan Madri Pani/ Agus Wahyudi.

Pilkada Kabupaten Kutai Barat diikuti tiga pasang, yakni Sahadi/ Alexander Edmond, Frederick Edwin/ Nanang Adriani, dan pasangan Ahmad Syaiful/ Jainudin.

Lantas Pilkada Kabupaten Kutai Timur terdapat dua bakal paslon, mereka adalah Ardiansyah Sulaiman/ Mahyunadi dan Kasmidi Bulang/ Kinsu.

Di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) yaitu Kabupaten Penajam Paser Utara diikuti sebanyak empat paslon, yaitu Andi Harahap/ Dayang Dona Walfaries Tania, Mudyat Noor/ Abdul Waris Muin, Desmon Hariman Sormin/ Naspi Arsyad, dan Hamdam/ Ahmad Basir.

Pilkada Kabupaten Mahakam Ulu terdapat tiga pasang yaitu Owena Mayang Shari Belawan/ Stanislaus Liah, Yohanes Avun/ Yohanes Juan Jenau, dan Novita Bulan/ Artya Fathra Marthin.

Baca juga: KPU Samarinda ajak Kangen Band sosialisasikan Pilkada 2024

Sementara Kota Balikpapan, Pilkada 2024 diikuti oleh tiga pasang yaitu, Muhammad Sa'bani/ Syukri Wahid, Rendi Susiswo Ismail/ Eddy Sunardi Darmawan, dan Rahmad Mas'ud/ Bagus Susetyo.

Pilkada Kota Samarinda hanya diikuti oleh satu pasang, yakni Andi Harun/ Saefuddin Zuhri, sehingga Samarinda merupakan satu-satunya daerah di Kaltim yang bakal melawan kotak kosong dalam Pilkada 2024.

"Terakhir adalah Pilkada Kota Bontang yang diikuti empat pasang, yakni Basri Rase/ Chusnul Dhihin, Neni Moerniaeni/ Agus Haris, Najirah/ Muhammad Aswar, dan pasangan Sutomo Jabir/ Nasrullah," kata Suardi. (Adv)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024