Duplikat bendera pusaka dan teks proklamasi tiba di Bandar Udara VVIP Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Sabtu (31/8), tepat pukul 14.00 Wita setelah menempuh perjalanan dari Kota Nusantara menggunakan kendaraan taktis jenis Maung untuk di bawa kembali menuju Istana Negara di  Jakarta.

Adapun duplikat bendera dibawa oleh Kachina Ozora Paskibraka asal Kalimantan Tengah, dan teks proklamasi dibawa oleh Sabrina Rohaina Paskibraka asal DKI Jakarta.

Nampak jauh sebelum bendera itu tiba, Pesawat Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) dengan nomor A-7306 sudah bersiap di landasan pacu Bandara SAMS Sepinggan.

Di depan tangga menuju pesawat di gelar karpet merah yang di sisi kiri dan kanan karpet merah tersebut terdapat para Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) berpakaian putih-putih serta ada juga yang berpakaian merah putih.
 
Mereka adalah purna Paskibraka tahun 2023  berjumlah 30 orang yang kembali ditugaskan oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Balikpapan.

"Selain mengerahkan Paskibraka pihaknya juga mengerahkan dua pasang duta wisata serta 12 penari rebana dari Kota Balikpapan," kata  Kepala DPOP Balikpapan, Cokorda Ratih Kusuma.
 
Dia menambahkan dalam kegiatan kirab tersebut ada 10 duta budaya dari Provinsi dengan menggunakan pakaian adat  kabupaten/kota se- Kalimantan Timur.

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024