Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalimantan Timur turut berpartisipasi dalam ajang Kriyanusa 2024 di Jakarta dengan memamerkan berbagai produk kriya unggulan berbahan baku lokal karya 30 perajin dari 10 kabupaten/kota se-Kaltim.

Ketua Harian Dekranasda Kaltim Heny Purwaningsih di Samarinda, Kamis, menjelaskan Pameran Kerajinan Nusantara (Kriyanusa) 2024 digelar pada 28 Agustus hingga 1 September 2024 di Senayan, Jakarta Pusat.
 
Pada kegiatan nasional itu, lanjut Heny Kaltim menampilkan 50 stan yang terbagi dalam dua kategori utama yakni di Hall A dan B.

Untuk Hall A terdapat 20 stan yang menampilkan ikon budaya Kaltim, seperti struktur rumah lamin dan rumah adat masyarakat setempat.

"Sementara itu, 30 stan lainnya terbagi menjadi tiga kategori yakni 10 stan binaan Dekranasda Kaltim, 10 stan binaan kabupaten/kota, serta 10 stan dari perbankan, perusahaan, dan perusda yang ada di Kaltim," jelas Heny Purwaningsih.

Baca juga: 'Seraung' Kaltim jadi ikon Pameran Kriyanusa 2024

Heny mengungkapkan Kriyanusa 2024 menjadi kesempatan istimewa bagi Kaltim untuk menampilkan kriya khas daerah. Tahun ini, konsep yang diusung menampilkan kapal sebagai panggung utama yang membawa Dekranasda ke berbagai wilayah di Indonesia.

"Tahun 2024, kapal akan singgah di Kaltim, menjadikannya sebagai ikon dalam pagelaran Kriyanusa. Ini adalah ajang untuk memamerkan kerajinan tangan berbahan baku lokal," kata Henny.

Heny Purwaningsih selaku Ketua Harian Dekranasda Kaltim sekaligus Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kaltim, berharap melalui Kriyanusa tahun ini, seni, budaya, kerajinan, adat dan kriya Kaltim dapat lebih dikenal luas.

"Dengan tema 'Perajin Muda, Lestarikan Warisan Budaya', diharapkan kekayaan kerajinan Kaltim dapat diwariskan dengan baik kepada generasi mendatang dan tetap terjaga kelestariannya," katanya.
 
Baca juga: Brida Kaltim: Sektor kriya tumbuhkan perekonomian daerah

Pewarta: Arumanto

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024