Samarinda (ANTARA Kaltim) - Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak mengatakan bahwa pihaknya mendukung berbagai upaya yang dilakukan masyarakat dalam meningkatkan SDM, termasuk pendirian Universitas Nadlatul Ulama (UNU) di provinsi setempat.

"Pemprov Kaltim mendukung pendirian UNU karena sejalan dengan program prioritas yang telah disusun, terutama untuk menciptakan sumberdaya manusia (SDM) yang berkualitas," ujarnya di Samarinda, Selasa.

Gubernur mengaku akan meresmikan pendirian UNU Kaltim yang rencananya dilaksanakan awal Oktober 2014 di Samarinda, agar dapat segera menerima mahasiswa baru sehingga mampu mencetak SDM berkualitas dan berdaya saing.

Dia menyarankan UNU membentuk Badan Pengawas, Dewan Pembina, dan Pengurus yang bisa mengelola pengembangan kampus supaya dapat mencetak mahasiswa berkualitas dan unggul.

Diharapkan tenaga pengajar di UNU memiliki kompetensi setingkat S-2 dan S-3 di masa mendatang. Guna memenuhi kualifikasi itu, maka Pemprov Kaltim akan membantu meningkatkan melalui Beasiswa Kaltim Cemerlang.

Secara terpisah, Rektor UNU Kaltim Farid Wadjdy yang juga mantan Wakil Gubernur Kaltim mengatakan bahwa pendirian UNU Kaltim ini setelah menerima surat persetujuan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor SK 196/E/O/2014 tanggal 4 Juli 2014.

Setelah pihaknya menerima surat izin pendirian perguruan tingi tersebut, kemudian mempersiapkan beberapa hal, seperti penerimaan mahasiswa baru angkatan pertama tahun akademik 2014/2015 yang dilaksanakan dua gelombang, yakni gelombang pertama tanggal 1-30 September 2014, dan gelombang kedua tanggal 1-20 Oktober 2014.

Sedangkan awal perkuliahan akan dilaksanakan pada 28 Oktober 2014. Diharapkan dari angkatan pertama ini bisa menerima 300 mahasiswa baru.

UNU Kaltim membuka 10 program studi, yakni Teknik Industri, Teknik Informatika, Teknologi Industri Pertanian, Arsitektur, Desain Interior, Farmasi, Akutansi, Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Kampus UNU Kaltim segera dibangun di Jl. HM Rifaddin, Samarinda Seberang, tepatnya berdekatan dengan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kaltim.

Untuk angkatan pertama, mahasiswa untuk sementara melakukan proses belajar mengajar di Pondok Pesantren Al Mujahidin di Jl. KH Harun Nafsi, Samarinda Seberang.

Rencana peletakan batu pertama Kampus UNU Kaltim dilaksanakan akhir 2014 di atas lahan seluas 4,5 hektar, namun untuk menyukseskan penyelenggaraan perkuliahan, maka rencananya minggu pertama Oktober 2014 dilakukan peresmian oleh Gubernur Kaltim. (*)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014