Penjabat Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Akmal Malik mempromosikan kesiapan tuan rumah penyelenggaraan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Nasional ke-30 Tahun 2024 di televisi nasional.

"Tadi sudah kita sampaikan melalui Kompas TV, apa saja yang sudah dilakukan dalam kesiapan penyelenggaraan MTQ ke-30, baik dari sisi transportasi, akomodasi maupun venue pelaksanaan lomba," kata Akmal Malik dalam keterangan di Samarinda, Jumat.

Pada kesempatan itu Akmal melaksanakan rekaman di Program "Sapa Indonesia Pagi" yang dipandu Ivo Nasution di Studio Gold Kompas TV, Jalan Palmerah Selatan Jakarta Pusat.

Selain itu, Akmal juga mempromosikan tempat dan lokasi wisata alam juga wisata kuliner khususnya di Kota Tepian Samarinda maupun Kota Minyak Balikpapan.

"Kita juga menyampaikan jumlah peserta yang akan mengikuti MTQ sebanyak 1.998 orang dari 35 provinsi di tanah air," sebutnya.

Dalam pelaksanaan MTQ yang akan digelar 6 sampai 16 September 2024 itu, juga akan dilaksanakan pameran halal food, pameran seni budaya antara negara yang diikuti Brunei Darussalam dan Malaysia.

"Yang juga menjadi luar biasa ada pameran kaligrafi internasional diikuti seniman kaligrafi dari 50 negara," ujarnya.

Menurut Dirjen Otda Kemendagri, dalam pelaksanaan MTQ mendatang yang menarik dan salah satu magnet bagi masyarakat Indonesia, adalah keberadaan Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Kita sediakan fasilitas setelah berkoordinasi dengan Otoritas IKN, juga mengenalkan wisata susur Sungai Mahakam, Desa Budaya Pampang, Museum Mulawarman, juga obyek-obyek wisata lainnya di Samarinda, Kutai Kartanegara dan daerah lainnya di Kaltim," katanya.*

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024