Sangatta (ANTARA Kaltim) - Pengucapan sumpah dan pelantikan pimpinan DPRD Kabupaten Kutai Timur, periode 2014-2019 dijadwalkan berlangsung pada 17 September 2014.

Hal itu dikatakan Sekretaris DPRD Arief Yulianto usai mengikuti rapat pleno pembahasan jadwal kegiatan DPRD bulan September dilantai 1 ruang Panel Gedung Dewan, Selasa.

"Pengucapan sumpah dan pelantikan pimpinan dewan akan dilaksanakan melalui Sidang Paripurna Istimewa," kata Arief Yuliato.

Menurut Sekwan, pengucapan sumpah dan pelantikan pimpinan DPRD merupakan salah satu kegiatan yang masuk dalam agenda Badan Musyawarah (Banmus).

Rapat pleno membahas agenda wakil rakyat yang dipimpin ketua sementara Kasmidi Bulang didampingi wakil ketua sementara H Andi Mappasereng. Hadir juga anggota dewan lain seperti Mahyunadi, Agus Aras, Hj Firgasih dan para wakil rakyat lainnya.

Rapat pleno ini, kata Sekwan, mengagendakan 13 kegiatan anggota dewan selama bulan September, di antaranya, akan menggelar delapan kali sidang paripurna.

Untuk kegiatan awal september ini, yakni paripurna internal dewan, yaitu penutupan masa sidang Ke II masa jabatan 2009-2014 dan pembukaan masa sidang Ke I masa jabatan 2014-2019 tahun sidang 2014 pada Rabu (3/9).

Kemudian pembekalan anggota DPRD akan dilaksanakan selama dua hari, yakni 4-5 September yang kemudian pada 8-12 September akan melakukan pembahasan pleno tata tertib (Tatib) masa jabatan 2014-2019.

"Kemudian pengumuman dan penetapan pimpinan DPRD pada 8 September serta pelantikan pengambilan sumpah pada 17 september mendatang.

Setelah pelantikan, para wakil ini akan semakin sibuk dengan agenda pengesahan dan penetapan fraksi-fraksi. Kemudian rapat paripurna Penyampaian Nota Pengantar Pemerintah mengenai Rancangan Peraturan Daerah perhitungan tahun anggaran 2013.

Pada minggu ke-4 September agendanya pembentukan alat kelengkapan DPRD masa jabatan 2014-2019. Kemudian di akhir bulan dengan agenda kegiatannya penyampaian pemandangan umum fraksi-fraksi terhadap nota pengantar pemerintah mengenai raperda perhitungan tahun anggaran 2013.

Selanjutnya, paripurna nota pengantar pemerintah raperda perhitungan dan terakhir pada 23-30 September pembentukan pansus dan pembahasan raperda perhitungan anggaran 2013.    (*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014