Satuan Brimob Polda Kaltim menyiapkan berbagai kendaraan taktis (rantis) untuk kegiatan hari kemerdekaan Republik Indonesia di Kawasan Inti Pusat Pemerintah (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN) 17 Agustus mendatang.

"Kendaraan ini nantinya bakal dikirim ke IKN untuk mendukung keamanan selama perayaan HUT RI ke-79 pada 17 Agustus 2024," kata Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol Andy Rifai di Balikpapan, Sabtu (3/8).

RIfai menyebutkan, untuk kendaraan yang disiapkan seperti Water Cannon, Water Gen, Baraccuda, APC (Armoured Personnel Carrier), truk TIK atau radio, serta unit Ambulans dan yang lainnya.

"Beberapa kendaraan ini dilengkapi dengan pelapis baja dan pelindung peluru, dan unitnya sudah ada di halaman Gedung Batalyon A Pelopor Brimob Polda Kaltim" tuturnya.

Selain itu, kata Kombes Rifai pihaknya juga menyiapkan tim penjinak bom (jibom), tim itu disiapkan untuk pengamanan di Very Very Important Person (VVIP).

Lanjut Rifai, pengamanan ini tidak hanya akan dilakukan di darat, tetapi juga di laut. Dari Brimob Polda Kaltim juga  mengerahkan kendaraan sea rider.

"Nanti sea rider beroperasi bersama dengan kendaraan perairan dari Ditpolairud Polda Kaltim dan TNI AL," ungkapnya.

Menurut Rifai, sejumlah kendaraan taktis yang disiapkan itu sudah cukup untuk mendukung pengamanan di VVIP IKN.

"Kami juga menambahkan sejumlah peralatan tambahan yang ditempatkan di Samarinda," cetusnya.

Peralatan tambahan itu termasuk dapur lapangan dan beberapa kendaraan operasional yang disiapkan untuk perayaan 17 Agustus. 
 

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024