Royal Gold Eagle (RGE) group bekerja sama dengan Tempo Institute, menyelenggarakan RGE journalism workshop untuk meningkatkan kemampuan wartawan diera digital yang diikuti ratusan wartawan di seluruh Indonesia.

“Ini merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan RGE group dan Tanoto Foundation untuk memberikan pelatihan kepada rekan-rekan jurnalis di berbagai provinsi,” ucap Comunication Manager Tanoto Foundation Kartika Dewi, di Balikpapan, Selasa.

Ia mengatakan, kegiatan  berlangsung dalam tiga sesi, dilaksanakan offline atau bertatap muka langsung dan dalam jaringan (daring) atau online. Sebelumnya telah berlangsung secara online pada tanggal 8 Mei 2024 dan 12 Juni 2024.

Sesi terakhir berlangsung tanggal 9 Juli sampai 11 Juli 2024, berlangsung secara hibrid di seluruh Indonesia. Workshop tersebut mengangkat tema mobile journalism atau jurnalisme gawai.

Kartika menurutkan di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), RGE journalism workshop dilaksanakan di Kota Balikpapan, diikuti 11 jurnalis terpilih dari berbagai media online.

“Kami sangat gembira dengan antusiasme rekan-rekan untuk mengikuti seluruh rangkaian workshop. Kami harap kegiatan ini dapat dirasakan manfaatnya,” kata Kartika.

Menurutnya dalam kegiatan tersebut menghadirkan dua pemateri andal disiapkan RGE group dari Tempo Institute menyampaikan meteri tentang mobile journalism oleh Riki Dhanu seorang mobile journalis serta content creator dan Alfan Noviar produser Tempo Channel

Mobile journalism ini sangat membantu wartawan di lapangan karena peralatannya yang ringan berupa handphone yang pasti selalu dibawa,” ucap Riki melalui zoom meeting.

Lanjutnya, mobile journalism merupakan konsep jurnalisme yang mengandalkan penggunaan perangkat mobile, khususnya smartphone. Konsep ini memproduksi berita dengan konten video, foto, dan audio.

"Mobile journalism para jurnalis dapat berkreasi menggunakan handphone menghasilkan karya jurnalisme dengan mudah," kata Riki..

Pewarta: Muhammad Hafif Nikolas

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024