Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) melalui instansi terkait menjadi tuan rumah Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II, Angkatan XXV 2024.
 
"Untuk pendaftaran calon peserta baru mau dibuka 8 Juli 2024 di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kaltim, namun animo dari berbagai daerah di Indonesia untuk mengirimkan peserta ke Kaltim sudah banyak," kata Sekretaris BPSDM Kaltim Anna Midawaty di Samarinda, Sabtu.
 
Pelatihan peningkatan kapasitas bagi ASN ini sepenuhnya dibiayai melalui anggaran BPSDM Provinsi Kaltim, termasuk biaya untuk giat Visitasi Kepemimpinan Nasional/Benchmarking ke luar daerah.
 
Anna melanjutkan, calon peserta yang akan mengikuti pelatihan berasal dari lingkungan Pemprov Kaltim, dari sembilan kabupaten/kota di Kaltim, kemudian dari luar Kaltim seperti Provinsi Sulawesi Selatan ditambah sejumlah daerah di Sulawesi Selatan antara lain dari Kota Parepare dan Kabupaten Pangkajene.
 
Kemudian dari Kota Banjarmasin, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kabupaten Tabalong di Kalimantan Selatan, lantas dari Kota Waringin Timur, Kalimantan Tengah, dari Kabupaten Rote Ndau dan Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.
 
Sedangkan untuk mengawal calon peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II yang berasal dari Kabupaten HSU, BKPSDM Kabupaten HSU bahkan telah melakukan peninjauan langsung ke BPSDM Kaltim untuk memastikan kelayakan tempat pelatihan.
 
Setelah melakukan pertemuan dan mendengarkan penjelasan dari BPSDM Kaltim, Kepala BKPSDM Kabupaten HSU Rakhmadi merasa puas dengan fasilitas yang dimiliki oleh BPSDM Kaltim.
 
"Kami ke depan juga berkeinginan bisa ditunjuk menjadi tuan rumah Pelatihan Kepemimpinan Pengawas untuk wilayah Kalimantan Selatan," ujar Rakhmadi saat mengunjungi BPSDM Kaltim di Samarinda, dua hari lalu.
 
Dalam pertemuan antara 13 perwakilan dari BKPSDM Kabupaten HSU dengan BPSDM Provinsi Kaltim selaku tuan rumah ini, Rakhmadi mengatakan bahwa tujuan utama kunjungan pihaknya untuk memastikan, apakah para calon peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II yang dikirim Pemkab HSU bisa diterima sebagai peserta pelatihan yang akan dilaksanakan BPSDM Kaltim pada Juli 2024 mendatang.
 
Rombongan dari HSU tersebut diterima oleh Anna Midawaty, mewakili Kepala BPSDM Kaltim Nina Dewi, ada pula Kabid Pengembangan Kompetensi Teknis Apriyana Rachmawaty, Widyaiswara Ahli Utama Jauhar Efendi, Kasubbag Umum Samsul, dan sejumlah jajaran BPSDM Kaltim.
 
 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024