Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan (Dispursip) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menggelar lomba bertutur tingkat SD, dengan tujuan menumbuhkan kecintaan budaya lokal melalui cerita.

“Kegiatan lomba bertutur seperti ini sangat baik untuk memberikan stimulus pada anak-anak agar dapat menumbuh kembangkan kegemaran membaca melalui berbagai macam bacaan dan media untuk menanamkan cinta kebudayaan bangsa, persatuan, dan kesatuan serta nasionalisme,”  kata Kepala Dispursip Kutim Ayub, di Sangatta, Jumat.

Ia berharap melalui lomba  bertutur, dapat menumbuhkan budaya membaca sebagai modal utama dalam penyelenggaraan pendidikan dan pembangunan masyarakat yang cerdas, berwawasan luas, dan tangkas menghadapi tantangan global.

Menurutnya kemampuan dan kesenangan membaca merupakan faktor penting dalam mencetak generasi muda yang kreatif, inovatif, dan siap berkompetisi secara sehat.

Ayub mengatakan antusiasme dan keberanian para peserta dalam bertutur di depan para juri dan penonton menjadi bukti semangat generasi muda dalam menghidupkan budaya baca dan cinta terhadap warisan budaya bangsa.

Sementara itu Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman mengapresiasi lomba bertutur yang dilaksanakan Dispursip Kutim. Kegiatan  seperti itu  dapat menumbuhkan semangat membaca dan rasa cinta terhadap budaya lokal di kalangan generasi muda Kutai Timur.

“Mari ajak anak-anak kita mencintai buku dan budaya kita. Semoga generasi muda Kutai Timur terus tumbuh menjadi generasi yang cerdas, kreatif, dan penuh inovasi.,” katanya.

 

Pewarta: Muhammad Hafif Nikolas

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024