Pemerintah Kota Samarinda, Kalimantan Timur mengembangkan program layanan berbasis teknologi yakni penerapan "Smart Kelurahan " di Kelurahan Handil Bakti, Kecamatan Palaran.

Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bapperida Kota Samarinda, Syamsu Nur di Samarinda, Rabu, mengatakan bahwa Kelurahan Handil Bakti dipilih untuk pengembangan layanan modern berdasarkan potensinya dalam bidang pertanian dan perkebunan.

"Kami telah melakukan penelitian selama kurang lebih 4 bulan dan bekerjasama dengan para akademisi dari Politeknik Negeri Samarinda," kata Syamsu pada seminar Expose Final Report hasil kajian persiapan daerah penyangga perbatasan berbentuk "Smart Kelurahan".

Salah satu poin penting yang diangkat dalam seminar adalah rencana implementasi sistem Smart Kelurahan yang meliputi pengembangan sistem pertanian yang menggunakan teknologi, kemudian jaringan telekomunikasi untuk mempermudah akses masyarakat terhadap layanan publik.

Selain itu, peningkatan keamanan lingkungan melalui sistem pengawasan berbasis teknologi, serta program-program peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Menurutnya Kelurahan Handil Bakti memiliki potensi besar dalam bidang pertanian dan perkebunan yang belum tergali optimal.

Dalam rangka mencapai pertumbuhan ekonomi yang merata, transformasi menjadi Smart Kelurahan diusulkan sebagai solusi menjanjikan.

Adapun Teknologi informasi seperti loT dan Al dapat meningkatkan produksi dan efisiensi sektor pertanian, sementara smart contracts pada platform blockchain dapat meningkatkan transparansi dan efisiensi rantai pasokan.

Selain itu, pendidikan dan pelatihan penting untuk mendukung transformasi sosial ekonomi. Pemberdayaan ekonomi lokal melalui sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan oleh masyarakat dan pemerintah juga relevan.

Penelitian ini bertujuan merumuskan rekomendasi untuk membantu pemerintah daerah dan kelompok tani dalam mengembangkan pertanian cerdas.

Pada kegiatan diskusi interaktif tersebut para peserta diberikan kesempatan untuk memberikan masukan dan bertanya langsung kepada tim kajian. Beberapa usulan dan kritik konstruktif yang disampaikan akan menjadi bahan pertimbangan dalam penyempurnaan rencana implementasi Smart Kelurahan.

Seminar Expose Final Report ini menandai langkah awal yang konkret dalam realisasi Smart Kelurahan Handil Bakti di Kota Samarinda. Ia mengajak semua pihak untuk berkolaborasi dan mendukung program ini demi kemajuan bersama.
 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024