Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Timur memberikan pelatihan kepada para pengurus koperasi di daerah terkait manajemen pengelolaan koperasi sesuai dengan praktik bisnis yang sehat.

"Peserta pelatihan ini adalah para pengurus koperasi di Samarinda, dengan total peserta sebanyak 30 orang,"kata Kepala UPTD Pelatihan Koperasi Dinas Perindagkop dan UKM Provinsi Kaltim, Zainuddin Panani di Samarinda, Selasa.

Ia mengatakan, pelatihan berlangsung selama tiga hari, dari 11-13 Juni 2024, diadakan di UPTD Pelatihan Koperasi, Disperindagkop Kaltim di Jalan D.I. Panjaitan No. 03, Samarinda.

"Kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas usaha dan kelembagaan koperasi telah memasuki angkatan 5 bertema "Manajemen Usaha Koperasi"," jelas Zainuddin.

Zainuddin Panani menyampaikan bahwa peningkatan kualitas SDM pengelola koperasi yang aktif dalam pengelolaan koperasi adalah penting.

"Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan wawasan serta pengetahuan tentang tata cara berorganisasi dalam koperasi, memberikan inspirasi kepada peserta agar memiliki pemahaman perkoperasian yang benar dan memanfaatkannya untuk pengembangan kelembagaan dan usaha koperasi. Peningkatan kualitas SDM merupakan modal utama dalam pembangunan nasional,"jelasnya.

Menurut Zainuddin pentingnya pembangunan SDM yang terintegrasi dengan pengembangan teknologi dan digitalisasi mendorong untuk selalu beradaptasi dan meningkatkan kemampuan diri.

"Peserta diharapkan mampu mengikuti perkembangan regulasi koperasi yang dinamis serta memanfaatkan teknologi, memberikan motivasi dan solusi dalam kegiatan usaha koperasi,"imbuhnya.

Ia menegaskan, koperasi sebagai wadah perjuangan ekonomi rakyat dituntut untuk berperan aktif dalam pembangunan dan pengembangan potensi ekonomi anggota dan masyarakat, karena koperasi merupakan soko guru perekonomian Indonesia yang terbukti mampu bertahan dan berdiri kokoh saat krisis ekonomi.


 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024