Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dijadwalkan menggelar sosialisasi terkait netralitas ASN dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kota Balikpapan.

"Sosialisasi ini Insya Allah dijadwalkan pada 13 Juni 2024 dan akan dihadiri oleh seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)," kata Sekretaris Daerah Kota Balikpapan, Muhaimin, di Balikpapan,Senin (10/6).

Menurut Muhaimin netralitas ASN sangat penting dalam pemilihan baik itu Presiden, hingga Wali Kota Balikpapan untuk menjaga marwah demokrasi.

Oleh sebab itu, sosialisasi yang akan digelar ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan ASN terhadap aturan netralitas, terutama dalam masa krusial menjelang Pilkada.

"KASN diharapkan dapat memberikan panduan yang jelas dan tegas kepada ASN mengenai batasan-batasan yang harus dijaga selama proses pemilihan berlangsung," harapnya.

Muhaimin mengemukakan, dengan adanya langkah proaktif ini, diharapkan ASN di Balikpapan dapat tetap fokus pada tugas pelayanan publik dan tidak terlibat dalam aktivitas politik praktis, sesuai dengan regulasi yang berlaku.

"Ini juga merupakan upaya preventif untuk menghindari potensi konflik kepentingan yang dapat mencederai proses demokrasi," tutur Muhaimin

Ia menegaskan langkah sosialisasi oleh KASN merupakan wujud nyata dari komitmen pemerintah untuk memastikan bahwa ASN dapat menjalankan tugasnya tanpa intervensi politik, sekaligus menjaga kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pemerintahan.

"Dengan demikian, kegiatan ini diharapkan tidak hanya menjadi formalitas, tetapi juga memberikan dampak nyata dalam membentuk budaya birokrasi yang profesional dan netral di Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, mengenai evaluasi netralitas ASN pada pemilu sebelumnya, Muhaimin mengungkapkan bahwa sejauh ini tidak ada permasalahan yang signifikan.

"Alhamdulillah sampai saat ini memang tidak ada permasalahan di Pemilu kemarin, tidak ada ASN kita yang terlibat secara langsung," jelasnya. 

Meski sempat muncul isu terkait keterlibatan ASN pada Pemilu serentak kemarin, Muhaimin memastikan bahwa hal tersebut tidak terbukti.

"Walaupun sempat ada isu, tapi ternyata memang tidak ada. Jadi, masih belum masuk di tahapan kampanye Pileg," tambahnya. 

Muhaimin juga berharap sosialisasi dari KASN akan semakin memperkuat komitmen ASN dalam menjaga netralitas. 

"Tentu itu menjadi evaluasi dan mudah-mudahan nanti setelah ada sosialisasi dari Ka ASN lebih memperteguh kembali teman-teman di ASN untuk tetap menjaga netralitas dan melaksanakan tugas pelayanan masyarakat dengan baik," tuntas dia.

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024