Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan melakukan penutupan  sementara sejumlah ruas jalan saat pelaksanaan  karnaval budaya untuk memeriahkan kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XVII di gedung  Sport and Cpnvention Center (BSCC) Dome. 

Sejumlah jalan yang ditutup adalah Jalan Ruhui Rahayu , sebelum Kantor Perumda Tirta Manuntung Balikpapan (PTMB) hingga menuju Balikpapan Sport and Cpnvention Center (BSCC) Dome.

"Sebelumnya kami mohon maaf kepada seluruh masyarakat Balikpapan, karena Pemkot Balikpapan akan menutup  sejumlah ruas jalan untuk sementara,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Balikpapan Irvan Taufik di Balikpapan, Selasa (4/6).

"Karnaval budaya  tersebut diikuti sebanyak 6.500 peserta dari 96 kota se-Indonesia yang hadir dalam kegiatan APEKSI XVII di Kota Balikpapan," katanya.

Irvan Taufik mengemukakan kegiatan karnaval budaya berlangsung mulai pukul 17.00 Wita, berjalan  kaki sekitar 1,5 kilometer dari depan Taman 3 Generasi menuju Sport and Cpnvention Center ,” ujarnya, 

Dia meminta kepada warga untuk  memaklumi penutupan jalan yang dilakukan tersebut. Dan pihaknya, juga sudah membuat jalan alternatif bagi warga setempat dan sekaligus  mengundang warga untuk menyaksikan kegiatan karnaval budaya tersebut.

Adapun jalan akses jalan alternatif adalah dari arah Pasar Sepinggan menuju Dome bisa melewati Jalan Kasih. Kemudian dari arah Jalan Syarifuddin Yoes ke Kantor PDAM bisa melalui jalan Perumahan Puri Indah.

Irfan menambahkan, para peserta sudah mulai datang mulai pukul 14.00 Wita, namun untuk efektif penutupan jalan dilaksanakan pukul 17.00 WITA sampai dengan selesai.

"Yang utama dalam kegiatan ini adalah menampilkan karnaval budaya, yang melibatkan sedikitnya 69 kota yang ada di Indonesia,” jelasnya.

 

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024