Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur (Dispora Kaltim) dorong pemuda setempat daftar dan ikut komando cadangan (Komcad) mumpung masih ada waktu, karena perekrutan dilakukan Kementerian Pertahanan RI pada 1 Mei hingga 7 Juni.

"Ini kesempatan emas bagi mahasiswa dan para pemuda Kaltim untuk bergabung, karena Komcad bukan hanya untuk memperkuat Komponen Utama (TNI), tapi juga untuk melatih kedisiplinan pemuda dan lain-lain," ujar Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim Rasman Rading di Samarinda, Jumat.
 
Pemuda, katanya, bukan hanya harus disiplin dalam menjalani kehidupan sehari-hari, tapi juga harus jujur, bertanggungjawab, terampil, aktif, kreatif, inovatif, dan berani mencoba hal-hal baru untuk perubahan.
 
Untuk memperoleh semua sikap itu, bisa dilatih melalui Komcad, sehingga hal ini menguntungkan bagi pemuda ketika selesai menjalani pelatihan dasar kemiliteran untuk diterapkan di kehidupan sehari-hari, baik sebagai mahasiswa, pegawai negeri, karyawan, maupun yang memiliki usaha sendiri.

Baca juga: Ditjen Pothan Kemhan RI yakini komcad terbebas faham radikal

"Saya pun jika usia mencukupi, tentu akan daftar Komcad karena saya paham betapa besar manfaatnya, bukan hanya sebagai wujud kesetiaan untuk bela negara, tapi juga manfaat bagi diri, lingkungan, bahkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," katanya.
 
Meski usianya sekarang sudah mendekati 46 tahun, namun jika ada panggilan tugas untuk berjuang demi negara jika ada keadaan darurat dan harus mengikuti Komcad terlebih dulu, ia pun mengaku siap karena hal ini merupakan bentuk tanggung jawab warga negara terhadap keutuhan NKRI.
 
Sebelumnya (Senin dan Selasa, 21- 22/5), Kolonel Arm Rudi Setiawan dari Kementerian Pertahanan, saat sosialisasi penerimaan Komcad 2024 di depan ratusan pemuda, lembaga, dan mahasiswa Kaltim, di Aula Korem 091/ASN Samarinda, mengatakan bahwa saat ini Kemenhan sedang membuka pendaftaran calon Komcad.

Penerimaan Komcad 2024 sebanyak 1.000 orang khusus matra darat, dilaksanakan dua gelombang, masing-masing gelombang dengan target penerimaan 500 orang.

Baca juga: Kodam VI/Mulawarman buka pendaftaran 1000 Komcad matra darat
 
Pelaksanaan seleksi dipercayakan kepada empat kesatuan yakni Komando Rayon Militer (Korem) 091/Aji Surya Natakesuma di Samarinda, Korem 101/ Antasari di Banjarmasin, Korem 092/ Maharajalila di Tanjung Selor, dan Kodim 0905/ Balikpapan.
 
Sedangkan untuk pendaftaran dilakukan dua sistem yakni secara online (daring) dan secara offline (luring), karena pihaknya memberikan kesempatan bagi putra-putri yang tinggal di pedalaman Kalimantan yang belum didukung dengan sinyal internet.
 
Untuk itu, putra-putri bangsa yang berusia 18 hingga 35 tahun diajak bergabung, pendaftaran dibuka pada 1 Mei hingga 7 Juni, kemudian 18-22 Juni seleksi administrasi, 23 Juni - 12 Juli seleksi kompetensi, dilanjutkan pemantauan akhir (pantukhir) juga pada 12 Juli.

Baca juga: Kemenhan ajak mahasiswa gabung Komando Cadangan

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024