Bupati Kabupaten Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman mendorong kelompok tani (Poktan) untuk membuat agrowisata di lingkungan persawahan guna meningkatkan perekonomian para petani.

“Tidak hanya sekedar mengharapkan dari hasil panen, namun kita  mendorong agar sawah-sawah dimanfaatkan sebagai objek wisata,” katanya saat panen raya milik Poktan Umbut Aren di Kecamatan Sangatta Utara, Selasa.

Ia meminta kepada Poktan Umbut Aren dapat memunculkan kreatifitas untuk mengubah persawahan jadi lebih menarik, hingga menarik para wisatawan untuk datang rekreasi di areal persawahan.

Ardiansyah mencontohkan salah satu kelompok tani yang ada di Kutim tepatnya di Kecamatan Kaubun yang berhasil mengelola persawahan menjadi objek wisata.

“Nantinya kelompok tani yang mengelola sebagai pemasukan tersendiri sambil menunggu panen. Seperti di Desa Bumi Rapak yang saat ini sukses mengelola agrowisata,” katanya.

Dia juga  mengapresiasi Poktan Umbut Aren yang berhasil panen benih padi sawah  sebesar 4,8 ton pada tahun ini.

“Capaian panen padi sawah awalnya hanya 3 ton dan sekarang telah meningkat pesat,” katanya.

Ardiansyah menambahkan perlunya kemandirian para petani, hasil benih padi  dapat di gunakan untuk musim tanam nantinya. Karena kendala utama yang sering terjadi di Kutim, seringnya terjadi keterlambatan distribusi benih padi.
 

Pewarta: Muhammad Hafif Nikolas

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024