Sebanyak 15 Rumah Toko (Ruko) di Jalan Mayor Zainal Arifin, kawasan Sungai Ampal, Kecamatan Balikpapan ludes terbakar, pada Sabtu (6/4) siang.
 
"Kami menerima laporan terjadinya kebakaran sekitar pukul 14.00 WITA ," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan Usman Ali.
 
Setelah mendapat informasi, maka tim langsung meluncur ke tempat kejadian, hampir 1 jam kemudian api baru berhasil di padamkan. BPBD mengerahkan sebanyak 12 unit  mobil pemadam kebakaran dari 9 pos yang ada di Kota Balikpapan.
 
"Karena yang terbakar di wilayah padat penduduk maka kami kerahkan semua Unit Pelaksana Teknis (UPT)," ujarnya.
 
Meskipun lokasi yang terbakar berada di pinggir jalan, namun padatnya arus kendaraan sempat menjadi hambatan untuk armada pemadam kebakaran menuju ke titik api.
 
"Jalan ke lokasi juga sempit sehingga dua jalur harus kami pakai agar semua pemadam bisa menjangkau titik api," jelasnya.
 
Alhasil kendaraan yang hendak melintas ke kawasan tersebut dialihkan menuju jalur alternatif yang notabene lebih kecil, sehingga menimbulkan kemacetan.
 
Usman mengatakan, berdasarkan informasi api diduga berasal dari salah satu bengkel kecil yang juga menjual bensin eceran dengan kemasan pom mini.
 
"Tapi ini masih dugaan, biar dari pihak kepolisian melakukan penyelidikan," tuturnya.
 
Dia juga mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai akan peristiwa kebakaran lebih lagi di momentum mudik lebaran. 
 
"Jangan lupa di cek instalasi listrik, serta kompor dan hal lainnya yang dapat menyebabkan kebakaran sebelum berpergian,"  imbau Usman.
 

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024