Jumlah penumpang di Terminal Terpadu Samarinda, Kalimantan Timur pada H-5 Idul Fitri 2024, Jumat, mengalami kenaikan hingga 300 persen lebih dibandingkan hari biasa.

Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik di Samarinda, Jumat, mengatakan pihaknya telah meninjau arus mudik di sejumlah titik mudik Lebaran baik di terminal maupun bandara. 

"Ternyata tahun ini peningkatan arus mudik sangat tinggi,” katanya.

Dirjen Oronomi Daerah itu menyebutkan, dibandingkan hari biasa saat mudik Lebaran tahun ini terjadi peningkatan penumpang angkutan darat hingga 300 persen lebih.

“Biasanya bus yang beroperasi di terminal ini hanya enam unit, kini mencapai 13 unit dan beroperasi setiap hari,” sebutnya.

Terminal terpadu ini berlokasi di Kecamatan Samarinda dan menyediakan armada bus untuk rute Samarinda ke Balikpapan, Penajam Paser Utara, Paser dan Banjarmasin (Kalsel).

Pada hari biasa jumlah penumpang hanya berkisar antara 50 sampai 120 orang, namun menjelang Idul Fitri ini lebih dari 400 orang setiap harinya.

Akmal berpesan agar masyarakat yang mudik baik dengan angkutan udara, darat maupun laut agar selalu menjaga kesehatan.

“Begitu juga petugas yang menjalankan tugasnya agar tetap sehat, sehingga masyarakat merasa terlayani dan nyaman pulang kampung,” pesannya.

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024