Sangatta (ANTARA Kaltim) -  Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Pertamina EP Asset 5 Sangatta Field, melakukan penanaman 20 ribu bibit pohon mangrove di Salebba Mangrove Park, Bontang, Kaltim.

Field Manager PT Pertamina EP Sangatta Field, Abdul Muhar, Minggu, mengatakan, kegiatan menanam 20 ribu bibit mangrove dilaksanakan, pada Sabtu (22/6) dalam rangka memperingati hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2014.

"Kegiatan menanam pohon merupakan kegiatan rutin Pertamina EP setiap tahun bekerjasama dengan Balai Taman Nasional Kutai (TNK) dan Pemerintah Daerah serta Instansi lain," ujarnya.

Abdul Muhar didampingi Asisten Manager Layanan Operasi, Nanang Electra Abipriyo, mengatakan Pertamina EP telah memilki komitmen penanaman pohon sejak lama dan terus meningkatkan jumlahnya demi kelangsungan hidup saat ini dan mendatang.

"Ada tiga hal yang dapat dipetik dari penanaman pohon saat ini yaitu investasi Hutan untuk anak cucu kita, penghijauan lahan-lahan gundul, dan warisan budaya dan pengetahuan yang bermanfaat untuk masa yang akan datang," jelas Abdul Muhar.

Dia juga meminta semua pihak untuk bersama-sama membangun, menjaga, dan melestarikan hutan khususnya yang berada didalam kawasan Taman Nasional Kutai (TNK), termasuk menjaga Mangrove.

Sementara Asisten Layanan Operasi, Nanang Electra, menambahkan,sebanyak 20 ribu bibit pohon yang ditanam itu merupakan jenis pohon lokal yang telah langka serta bibit mangrove.

Bibit mangrove kata, Nanang, yang merupakan ikon dari Salebba Mangrove Park diantaranya Ulin, Trembesi, Pulai Ketapang, Beringin, dan pohon buah-buahan.

Dengan tinggi minimal 1 meter diharapkan bibit pohon tersebut dapat beradaptasi cepat dan tidak mudah mati.

Kegiatan menanam pohon sebanyak 20 ribu di Bontang, tambah Nanang,merupakan kerjasama Pertamina EP Asset 5 Sangatta Field dengan TNK dan Pemkot Bontang diikuti ratusan siswa pelajar setempat dan unsure PNS serta TNI/Polri serta Organisasi pecinta lingkungan(*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014