Safari Ramadhan 1445 Hijriah oleh Pemerintah Kota Balikpapan di awali dengan buka puasa bersama yang berlangsung di aula Rumah Jabatan Wali Kota.

"Kegiatan Safari Ramadhan tahun ini menjadi penuh makna setelah tiga tahun terakhir kami tidak menggelar buka puasa bersama," kata Wali Kota Balikpapan Rahmad Masud, di Balikpapan, Kamis (14/3).

Ia menyebutkan, hal itu lantaran dalam tiga  tahun terakhir kondisi pandemi COVID 19 melanda sehingga kegiatan Safari Ramadhan penuh dengan pembatasan.

"Safari Ramadhan ini untuk menjalin silaturahmi antara umara, ulama, dan masyarakat umum di Bulan Suci Ramadhan," katanya.

Ia mengajak kepada masyarakat Kota Balikpapan untuk tetap menjaga kerukunan, toleransi, dan saling menghargai dalam bulan puasa. 

Rahmad juga mengingatkan untuk meningkatkan amalan ibadah di bulan yang penuh berkah ini.

"Mari kita tingkatkan ibadah dan amalan kita untuk seimbangkan antara dunia dengan akhirat," imbaunya.

Selain itu juga ia mengimbau kepada warga yang mampu untuk berzakat, berinfak, dan bersedekah, dengan harapan semoga tahun depan mereka juga dapat menjadi pemberi zakat," ucapnya.

Lanjutnya, dengan dukungan semua warga Kota Balikpapan, diharapkan bulan Ramadan menjadi momen yang penuh berkah dan rahmat bagi seluruh umat Muslim.

"Kepada seluruh warga Kota Balikpapan untuk tetap menjaga kebersihan, saling menghargai, dan memberikan bantuan kepada yang membutuhkan," ajak Rahmad. 

Rangkaian kegiatan Safari Ramadhan tersebut dimuali dengan buka bersama dilanjutkan dengan salat tarawih berjamaah, nampak hadir sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta unsur Forum Komunikasi Daerah (Forkopimda) Kota Balikpapan.

Pada kesempatan itu Wali Kota Rahmad Mas'ud menyebutkan bahwa Pemkot Balikpapan menyediakan sebanyak 5000 paket sembako . Setiap paket sembako  bernilai sekitar Rp300 ribu, diharapkan dapat membantu kepada mereka yang membutuhkan.

"Selamat menjalankan ibadah puasa bagi kaum Muslimin dan Muslimat di manapun berada, khususnya warga Kota Balikpapan," ucap Rahmad Mas'ud.(Adv)
 

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024