Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan memprakirakan cuaca sebagian besar wilayah Provinsi Kalimantan Timur cerah dan cerah berawan di awal puasa Ramadhan pada Senin atau Selasa (11 - 12/3).
 
"Dari 10 kabupaten/kota di Kaltim, hanya dua daerah yang diperkirakan turun hujan ringan di Senin siang," kata Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Carolina Meylita Sibarani, di Balikpapan, Minggu.
 
Dua daerah itu adalah Kabupaten Paser dan Mahakam Ulu. Dari 10 kecamatan di Paser, hanya Kecamatan Muara Samu yang hujan ringan pada siang sekira pukul 14.00 Wita.
 
Sedangkan dari lima kecamatan di Mahakam Ulu, diperkirakan ada tiga kecamatan yang mengalami hujan ringan pada Senin siang sekira pukul 14.00 Wita, yakni Long Apari, Long Bagun, dan Long Pahangai.
 
Sedangkan pada Selasa pagi, sebagian besar kecamatan di dua kabupaten tersebut diperkirakan cerah dan cerah berawan, kecuali Kecamatan Muara Komam di Kabupaten Paser yang diperkirakan hujan ringan.
 
Carolina melanjutkan, untuk tiga kota di Kaltim masih didominasi cuaca cerah dan cerah berawan pada Senin, namun saat malam ada beberapa kecamatan yang mengalami hujan ringan.
 
Di Kota Samarinda misalnya, hujan ringan diperkirakan terjadi sekira pukul 20.00 Wita di enam kecamatan yakni Sungai Pinang, Samarinda Ilir, Samarinda Kota, Samarinda Ulu, Samarinda Utara, dan Kecamatan Sambutan.
 
Kemudian di Kota Balikpapan diperkirakan hujan ringan pada Senin sore sekira pukul 17.00 Wita hanya di Kecamatan Kota, sedangkan pada Selasa dini hari sekira pukul 02.00 Wita diprakirakan hujan ringan di semua kecamatan.

"Di Kabupaten Penajam Paser Utara, kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) sepanjang Senin juga cerah dan cerah berawan, namun pada Selasa dini hari diprakirakan hujan ringan di empat kecamatan yakni Penajam, Sepaku, Babulu, dan Kecamatan Waru," kata Carolina.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024