Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan mendeteksi sebanyak 59 titik panas di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), sehingga pihak terkait diimbau melakukan penanganan berupa pemadaman.
 
"Sebanyak 59 titik panas tersebut terpantau sepanjang Rabu kemarin, mulai pukul 01.00 hingga 24.00 WITA," kata Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Balikpapan Diyan Novrida di Balikpapan, Kamis.
 
Sebaran 59 titik panas ini telah disampaikan ke pihak terkait, seperti Manggala Agni, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Dinas Penyelamatan dan Pemadaman Kebakaran, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, agar dapat dilakukan tindakan lebih lanjut.
 
Jumlah titik panas sebanyak ini, katanya, meningkat ketimbang sehari sebelumnya (Selasa, 5/3) yang terpantau 38 titik panas.
 
Mengingat jumlah titik panas mengalami peningkatan, maka ia mengimbau semua pihak selalu waspada dan mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla), seperti tidak melakukan pembakaran di hutan maupun lahan, agar tidak terjadi penambahan maupun perluasan titik panas.
 
Kewaspadaan perlu dilakukan karena sejumlah kawasan masih mengalami cuaca panas dalam beberapa hari berturut-turut, sehingga dapat menyebabkan ranting dan daun mengering yang rawan karhutla saat terkena api maupun bara.
 
Ia mengatakan, sehari sebelumnya yang terpantau 38 titik panas tersebar di satu kota dan empat kabupaten, yakni Kota Bontang satu titik, Kabupaten Kabupaten Kutai Barat (11), Kutai Timur (18), Kutai Kartanegara (6), dan Kabupaten Berau (2), semuanya memiliki tingkat kepercayaan menengah.
 
Sedangkan 59 titik panas yang terpantau kemarin tersebar di tiga kabupaten yakni Kutai Barat terpantau empat titik, Kutai Timur (31), dan Kabupaten Kutai Kartanegara (24) titik.
 
Rinciannya, di Kabupaten Kutai Barat yang terpantau empat titik berada di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Bongan (1), Damai (1), dan Kecamatan Dilangputi (2) titik.
 
Di Kabupaten Kutai Timur dengan 31 titik tersebar pada delapan kecamatan yakni Bengalon (3), Busang (6), Kongbeng (1), Long Mesangat (1), Muara Ancalong (10), Muara Wahau (7), dan Kecamatan Telen (3) titik.
 
"Di Kecamatan Kutai Kartanegara yang terpantau 24 titik tersebar pada lima kecamatan yakni Kembang Janggut (5), Anggana (2), Kenohan (1), Kota Bangun (3), Muara Muntai (8), Sanga-Sanga (1), dan Kecamatan Tabang (4) titik," kata Diyan.
 
 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024