Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Timur meluncurkan sejumlah program progresif di bidang kesehatan dan pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang sehat menuju visi besar "Indonesia Emas 2045"

Pj Ketua PKK Provinsi Kaltim dr Yulia Zubir Akmal Malik di Kutai Timur, Minggu mengatakan secara umum program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga dan kemajuan masyarakat di daerah.

Ia membeberkan sejumlah program yang diluncurkan diantaranya B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman) go to school, Makan Telur bagi anak anak sekolah, Rencana Aksi Bergizi Pemberian Tablet Tambah Darah kepada remaja putri, serta Pencanangan Kampung Literasi berupa Launching Buncu Baca Kaltim bertempat di Gedung Wanita Kecamatan Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur

" Tantangan kesehatan seperti stunting telah menjadi fokus utama bagi pemerintah dan masyarakat agar persoalan itu bisa segera diatasi," jelas Yulia.

Menurut Yulia stunting merupakan masalah serius pertumbuhan anak akibat kekurangan gizi, bukan hanya masalah kesehatan tetapi juga menghambat kemajuan sosial dan ekonomi negara.

Ia menjelaskan tujuan dari launching menu B2SA adalah untuk memutus rantai stunting dengan meningkatkan kesadaran dalam menerapkan pola makan yang Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman.

Untuk itu, Yulia menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kutai Timur melalui dukungan penuh dari segenap masyarakat serta kolaborasi dan komitmen yang kuat bersama dengan Pemerintah.

"Insha Allah Kutai Timur siap menyongsong menuju Indonesia Emas 2045,"ucap Yulia Zubir.

Selain B2SA ada juga melalui program "Makan Telur", PKK Provinsi Kaltim mempromosikan pentingnya gizi seimbang dengan memasukkan telur sebagai sumber protein yang murah dan bergizi tinggi ke dalam pola makan sehari-hari.

Kemudian, untuk Rencana Aksi Bergizi Pemberian Tablet Tambah Darah kepada remaja putri merupakan langkah proaktif untuk mengatasi masalah defisiensi zat besi pada remaja putri.

Dengan memberikan suplemen tablet tambah darah, diharapkan akan meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah mereka dan mengurangi risiko anemia serta masalah kesehatan terkait.

Pencanangan Kampung Literasi merupakan upaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat, terutama di tingkat desa.

Program-program unggulan PKK Provinsi Kaltim tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, terutama dalam hal kesehatan dan pendidikan.

Acara dirangkai dengan pemberian makanan menu B2SA oleh perwakilan siswa siswi kemudian Rencana Aksi Bergizi Pemberian Tablet Tambah Darah kepada remaja putri, gerakan makan telur dan pemotongan pita oleh Pj. Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Timur dr. Yulia Zubir Akmal Malik sebagai tanda diresmikannya Kampung Literasi berupa Buncu Baca Kaltim.

***3***

Pewarta: Arumanto

Editor : M.Ghofar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024