Komando Distrik Militer (Kodim) 0908/ Kota Bontang, Kalimantan Timur hingga Senin ini masih mengawal penghitungan suara di tingkat kecamatan, sebagai upaya mencegah kemungkinan adanya hal-hal yang tidak diinginkan, demi menyukseskan pesta demokrasi.

"Personel Kodim bersama Koramil di masing-masing kecamatan sejak beberapa hari lalu sudah ditempatkan untuk mengawal rekapitulasi perhitungan suara Pemilu 2024," kata Komandan Kodim 0908/Bontang Letkol Inf Aryo Bagus Daryanto di Bontang, Senin.

Melalui Perwira Seksi Operasi (Pasiops) Kodim 0908/ Bontang Kapten Inf Norkem ia melanjutkan, Kota Bontang hanya memiliki tiga kecamatan, yakni Kecamatan Bontang Utara, Kecamatan Bontang Barat, dan Kecamatan Bontang Selatan.

Dari tiga kecamatan tersebut, dua diantaranya telah melakukan rekapitulasi suara pada Ahad kemarin dan berlangsung dengan aman dan lancar, sedangkan satu kecamatan lainnya yakni Kecamatan Bontang Selatan, rekapitulasi suara dilaksanakan Senin ini.

"Pada Minggu, 18 Februari, kami tempatkan personel jajaran Kodim 0908/Bontang dalam rangka perketat pengamanan untuk pelaksanaan rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024. Kami bersyukur karena semua aman," katanya.

Baca juga: KPU Samarinda terima peserta Kirab Pemilu dari Bontang

Ia menjelaskan, di rekapitulasi di Kecamatan Bontang Barat dilaksanakan di Balai Pertemuan Umum (BPU) Bontang Barat, kemudian di Kecamatan Bontang Utara dilaksanakan di Gedung 3D, Jalan Awang Long, Kelurahan Bontang Baru, Kecamatan Bontang Utara.

Sedangkan rekapitulasi penghitungan suara di Kecamatan Bontang Selatan, dilaksanakan hari ini (Senin, 19 Februari) di BPU Kecamatan Bontang Selatan, sehingga personel pengamanan TNI pun sudah siaga di lokasi tersebut bersama Polri setempat.

Setelah pelaksanaan rekapitulasi tingkat kecamatan selesai, maka logistik pemilu hasil rekapitulasi akan diamankan dan diawasi distribusinya dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Bontang Selatan ke KPU Kota Bontang.

"Dalam distribusi ke KPU Kota Bontang nanti tentu tetap mendapat pengamanan ketat. Kami dari Kodim 0908/Bontang bersama Polres Bontang tentu mengharapkan proses rekapitulasi dan distribusi hasil pemungutan suara dapat berjalan dengan lancar dan aman," kata Kapten Inf Norkem lagi.

Baca juga: Panitia pemilihan Balikpapan Kota targetkan penghitungan suara selesai 29 Februari

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024