Sangatta (ANTARA Kaltim) -  PT Pertamina Aset 5 EP Field Sangatta, memprogramkan pembangunan empat titik sarana air bersih di dua desa Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur.

Field Manager EP Sangatta Field, Abdul Muhar melalui Asisten Manager layanan Operasi, Nanang Electra Abipriyo di Sangatta, Jumat, mengatakan, tahun 2014 ini diprogramkan akan membangun sarana air bersih berupa sumur bor di dua desa, yakni desa Sangkima dan desa Sangatta Selatan.

"Empat titik sarana air bersih yang dibangun dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina EP Aset 5 Sangatta Field Tahun 2014 sebesar Rp120 juta," kata Nanang Electra Abipriyo.

Menurut Nanang panggilannya, yang didampingi stafnya Septianur Ryan, dari empat titik sumur bor yang diprogramkan itu, sudah dibangun tiga titik di Sangatta selatan. Sedangkan satu titik lagi akan dibangun di Desa Sangkima pada Juni ini.

Setiap satu titik sumur bor air bersih itu dianggarkan sebesar Rp30 juta atau total Rp120 juta di empat titik.

Pembangunan sumur bor air bersih di dua desa itu, kata Nanang merupakan usulan langsung dari masyarakat setempat melalui kepala desa, ujarnya.

"Program ini merupakam kepedulian dan tanggung jawab perusahaan bagi masyarakat dalam rangka peningkatan kualitas hidup masyarakat yang berada di sekitar daerah operasi pertamina EP," katanya.

Kepala Desa Mangkima, M Jafar mengatakan, menyambut baik program pembangunan sarana air bersih oleh Pertamina Aset 5 Field Sangatta melalui dana CSR perusahaan.

Menurut dia, mayoritas masyarakatnya memanfaatkan air dari sumur gali dan air hujan. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat kami yang selama ini kesulitan air bersih.

"Sebagai kepala desa saya berterima kasih kepada pihak Pertamina EP atas kepeduliannya membangun sarana air bersih dari sumur bor yang kualiats airnya lebih baik," ujarnya.

Kepala Desa Sangatta Selatan, M. Jaing juga memberikan apresiasi atas program Pertamina EP Sangatta atas bantuan pembangunan sarana air bersih di desanya.

"Alhamdulillah Pertamina EP sudah merealisasikan pembangunan sarana air bersih dan telah dinikmati ratusan KK warga," kata Jaing.

Menurut dia, tiga titik sarana air bersih yang dibangun pertamina EP itu terletak di dusun Danau raya, dusun pinang Mas dan Kilometer 10 yang terdapat tiga RT.

"Bantuan air bersih sumur bor pertamina EP ini sangat membantu mengatasi kesulitan warga. Makanya kami usulkan dan Pertamina langsung merespon positif dan kini sudah dinikmati," ujarnya.(*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014