Memasuki  masa tenang kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Kepolisian Resort Kota (Polresta) Balikpapan menggiatkan patroli malam di wilayah hukumnya.

"Patroli ini untuk menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di masa tenang ini," kata Kapolresta Balikpapan Komisaris Besar Polisi Anton Firmanto, Minggu (11/2).

Dalam patroli itu, anggota jajaran Polresta Balikpapan terlihat berjaga di kawasan seperti Lapangan Merdeka dan mengitari wilayah-wilayah lainnya.

Masa tenang pemilu 2024 berlangsung mulai hari ini hingga tiga hari ke depan atau tepatnya sebelum memasuki hari pemungutan suara pada 14 Februari mendatang.

Masa tenang diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 15 tahun 2023 tentang masa tenang kampanye.

Selama masa tenang, tidak ada aktivitas kampanye apapun sebagaimana diatur dalam pasal 27 ayat 4 PKPU nomor 15 tahun 2023.

Polri dalam ini bertanggung jawab untuk pengamanan tahapan pemilu yang masuk dalam sandi Operasi Mantap Brata 2023-2024 untuk mewujudkan situasi yang kondusif, sejuk dan damai.

Anton  mengimbau selama masa tenang  kepada seluruh lapisan masyarakat Kota Balikpapan untuk bekerjasama dalam menjaga kondusifitas lingkungan terutama terkait informasi yang beredar.

"Jangan mudah terprovokasi dengan berita-berita Hoaks, serta isu yang belum tentu kebenarannya," katanya.

Oleh sebab itu, dia meminta untuk di saring terlebih dahulu setiap ada informasi yang beredar terlebih lagi bila ingin disebarkan kembali.

"Kami berupaya dengan kekuatan penuh yang ada untuk mewujudkan situasi keamanan yang selalu kondusif," ujar Anton.

 

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024