Kepolisian Resor Kota (Polresta) Balikpapan menggelar rencana pengamanan (Tactical Floor Game/TFG) jelang pertandingan Liga 1 Indonesia antara PSM Makassar menghadapi Persita Tanggerang di Stadion Batakan, Balikpapan, Minggu (4/2).

"Pengamanan acara olahraga menjadi fokus utama kepolisian untuk memastikan kelancaran pertandingan," kata Kapolresta Balikpapan Komisaris Besar Polisi Anton Firmanto, di Balikpapan, Sabtu (3/1).

TFG adalah metode pengamanan suatu acara menggunakan bantuan lantai gambar berupa denah sekitar stadion berukuran besar. Tujuannya, lantai gambar itu memberikan pandangan mengenai situasi, cara bertindak, maupun antisipasi jika terjadi gangguan kamtibmas

"Metode pengamanan dengan menggunakan TFG merupakan pendekatan baru yang dikembangkan guna mengoptimalkan koordinasi antar-petugas keamanan dalam menghadapi situasi yang mungkin terjadi selama pertandingan berlangsung," katanya.

Tim keamanan dapat melakukan simulasi situasi darurat atau skenario gangguan keamanan lewat metode itu sehingga respon cepat dan tepat dapat segera dilakukan.

"Kami memastikan semua aspek keamanan telah dipersiapkan secara baik untuk pertandingan itu. Kami yakin dapat menjaga situasi tetap terkendali dan memastikan keselamatan semua pihak yang hadir dalam pertandingan tersebut," ujarnya.

Baca juga: PSM resmi main kandang di Stadion Batakan Balikpapan

Kegiatan TFG dipimpin oleh Kapolresta Balikpapan terdiri melibatkan sejumlah instansi terkait, seperti TNI, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Balikpapan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Balikpapan, serat perwakilan  pihak Liga 1, dan petugas keamanan stadion.

"Mereka bekerja sama memastikan keamanan dan ketertiban selama pertandingan sepak bola tersebut," kata Anton.

Dia berharap metode pengamanan itu dapat mewujudkan pengalaman menonton yang aman dan menyenangkan bagi semua pengunjung yang hadir.        

"Diharapkan para penonton dan suporter dapat bekerjasama dengan panitia untuk mematuhi ketentuan yang diterapkan dalam pengamanan tersebut," tuturnya.

Laga PSM Makassar vs Persita Tanggerang merupakan laga perdana Liga 1 di Stadion Batakan menyusul tim kebanggaan Kota Balikpapan, Persiba Balikpapan, terdegradasi ke Liga 3 pada 2024 dan sebelumnya ke Liga 2 pada 2017.

PSM Makassar menjadikan Stadion Batakan sebagai kandang (home base) mereka sementara untuk melanjutkan Liga 1 Indonesia 2023/2024 karena Stadion Gelora B.J. Habibie direnovasi. 

Baca juga: Borneo FC fasilitasi suporter tiket plus saat pertandingan di Batakan

Stadion yang terletak di timur Kota Balikpapan itu juga akan menjadi stadion kandang sementara bagi tim asal Kota Samarinda yaitu Borneo FC Samarinda.

Borneo FC Samarinda memastikan penyewaan stadion berkapasitas 40.000 penonton itu juga karena Stadion Segiri sebagai stadion kandang Borneo FC direnovasi dan diperkirakan rampung pada akhir 2024.

PSM Makassar mulai menggunakan Stadion Batakan pada Minggu (4/2), sedangkan Borneo FC akan berlaga di stadion itu pada Selasa (6/2) saat menjamu Tim Persija Jakarta.

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024