Sangatta (ANTARA Kaltim) -  Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kutai Timur Kaltim, Ir. Syarifudin Ginting mengatakan pihaknya sedang menjajaki kerjasama dengan Jawa Timur untuk tujuan pasar pisang gepok dari Kecamatan Kaliorang.

Menurut Kadis Ir. Syarifudin Ginting penjajakan jawa timur sebagai tujuan pasar pisang gepok dari Kutai Timur karena kebutuhan pisang di jawa timur cukup tinggi.

"Rencana penjajakan kerjasama kedua daerah sedang difasilitasi Dinas Pertanian Provinsi Kaltim, mudah-mudahan ini bisa terealsiasi,"katanya, Jumat.

Dinas Pertanian Provinsi kaltim sedang melakukan penjajakan untuk membantu memasarkan pisang kaliorang yang merupakan komoditi unggulan kutai timur.

Selain itu pisang kaliorang ini merupakan sentra pisang di Kaltim yang harus dipertahankan terutama bagaimana agar petani terus semangat didalam program pengembangannya pisang gepuk.

Dinas Pertanian Provinsi dan Dinas Pertanian Kabupaten kata dia, terus melakukan langkah-langkah optimal untuk terus menggerakan petani agar tidak berhenti mengembangkan pisang dengan memberikan bantuan berupa bibit dan pelatihan-pelatihan dalam mengendalikan penyakit pisang layu bakteri dan fusarium.

Tanaman pisang di Kecamatan Kaliorang saat ini seluas 1.700 hektar dengan rata-rata produksi 18.000 sisir per hari.

Sedangkan pembeli banyak berasal dari kota Bontang, Samarinda, Balikpapan dan Banjarmasin bahkan dari Jawa Timur dengan harga yang dibeli di lokasi berkisar Rp. 3.000 s/d 4.000 per sisir.

"Ke depan diharapkan dengan adanya kerjasama ini Jawa Timur akan menjadi tujuan utama penjualan pisang gepok kaliorang,"katanya (*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014